Bulu tangkis

Pelatih Malaysia juga positif COVID-19 jelang terbang ke Thailand

Pelatih Malaysia juga positif COVID-19 jelang terbang ke Thailand

Dokumentasi - Wong Choong Hann di pertandingan kualifikasi tunggal putra China Open di Shanghai (22/11/2011). ANTARA/AFP PHOTO/Peter PARKS/aa.

Setelah berkonsultasi dengan pemerintah terkait, tim bulu tangkis Malaysia akan tetap berangkat ke Bangkok, Thailand untuk mengikuti tur Asia
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) mengonfirmasi bahwa salah satu pelatih mereka, Wong Choong Hann, dinyatakan positif COVID-19 menjelang keberangkatan tim menuju Bangkok, Thailand.

Dalam penyataan tertulisnya, BAM mengatakan hasil positif tersebut didapatkan setelah Choong Hann bersama 39 anggota tim menjalani tes usap sehari sebelum keberangkatan.

BAM menjelaskan direktur pelatih tim Malaysia itu merupakan pasien tanpa gejala dan akan melakukan isolasi mandiri. Meski demikian, tim bulu tangkis mereka akan tetap bertanding di Thailand Open.

Baca juga: PBSI carter pesawat untuk keberangkatan tim ke Thailand

”Setelah berkonsultasi dengan pemerintah terkait, tim bulu tangkis Malaysia akan tetap berangkat ke Bangkok, Thailand untuk mengikuti tur Asia,” tulis BAM.

Tim Malaysia sudah bertolak ke Bangkok pada Senin pagi. Setibanya di sana, mereka dan seluruh pemain lainnya akan terlebih dahulu menjalani karantina selama sepekan sebelum turnamen dimulai pada 12 Januari. Karantina merupakan persyaratan yang ditetapkan tuan rumah dalam menyelenggarakan kompetisi dengan pola gelembung.

Para pemain juga harus melewati serangkaian tes usap yang akan dilakukan sesaat mereka tiba di Bangkok, dilanjut pada hari ke-4, ke-9, ke-13, dan hari ke-18 sebelum mereka kembali ke negaranya masing-masing.

Tes usap akan kembali dilakukan bagi mereka yang lolos kualifikasi menuju BWF World Tour Finals yang digelar pada 27-31 Januari.

Sebelumnya, COVID-19 juga telah menyerang pemain terbaik Jepang, Kento Momota.

Hasil tersebut membuat tim Jepang memutuskan untuk mundur dari keikutsertaannya tampil di dua turnamen BWF Super Series yang digelar pada 12-24 Januari itu.

Sementara China tidak akan mengirimkan atletnya lantaran terbentur kebijakan pemerintah terkait pembatasan perjalanan ke luar negeri.

Baca juga: Momota dinyatakan positif COVID-19 saat di bandara menuju Thailand
Baca juga: Kento Momota positif COVID-19, tim Jepang batal ke Thailand Open


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cerita kegiatan keseharian Aa Gym, hingga terkonfirmasi positif COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar