BAN-PT tetapkan STIKES Dirgahayu Samarinda terkreditasi Baik Sekali

BAN-PT tetapkan STIKES Dirgahayu Samarinda terkreditasi Baik Sekali

Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Profesor Udiansyah (tengah) usai menanam pohon. ANTARA/HO-Humas LLDIKTI XI/aa.

Banjarmasin (ANTARA) - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menetapkan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Dirgahayu Samarinda terakreditasi Baik Sekali.

Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Profesor Udiansyah, di Banjarmasin, Senin mengatakan berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tingga (BAN-PT) No.1147/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2020, STIKES Dirgahayu Samarinda memenuhi syarat peringkat akreditas Baik Sekali.

Udiansyah mengaku sangat bahagia, karena Tahun 2020 menjadi tahun yang penuh prestasi bagi perguruan tinggi yang berada di bawah binaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan, bahkan di pengujung tahun, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Dirgahayu Samarinda berhasil mendapatkan akreditasi Baik Sekali.

Akreditasi yang berlaku mulai 22 Desember 2020 hingga 22 Desember 2025 tersebut, kata Udiansyah, sebagai bukti bahwa kerja keras dan upaya meningkatkan kualitas secara terus menerus, membuat kualitas perguruan tinggi di wilayah Kalimantan tidak kalah dengan perguruan tinggi di Jawa dan kota besar lainnya.

"Bahagia dan senang sekali saya mendapati hasil ini. Selamat ya, ini institusi keempat yang sudah dapat peringkat Baik Sekali," kata Prof Udiansyah, usai menanam pohon bersama seluruh staf kantor LLDIKTI.

Menurut dia, kendati saat ini Indonesia sedang dilanda pandemi COVID-19, ternyata tidak menyurutkan seluruh pihak untuk terus menyesuaikan diri dengan berbagai tantangan yang ada dengan terus berprestasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah.

Sebelumnya, LLDIKTI Wilayah XI telah berhasil mengantarkan lima program studi mendapatkan akreditasi sangat membanggakan.

Dari lima program studi tersebut, tiga program studi yang mendapatkan akreditasi A, yaitu Program Studi Administasi Negara pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Selain itu, program magister administrasi negara yang juga raih Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dan Fakultas Hukum Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak, Kalimantan Barat, yang juga mendapatkan akreditasi A.

Setelah itu, menyusul Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Singkawang, Kalimantan Barat, dan STIE Balikpapan yang berhasil mendapatkan akreditasi dengan predikit Baik Sekali dan di pengujung tahun STIKES Dirgahayu Samarainda juga mendapatkan akreditasi Baik Sekali.

Perubahan penyebutan

Menurut Udiansyah, terdapat perubahan penyebutan akreditasi terhadap perguruan tinggi di Tanah Air.

Menurut alumni S1 Ilmu Ekonomi Kehutanan Universitas Mulawarman itu, sesuai Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 Pasal 1 Nomor 8, terdapat perubahan istilah peringkat akreditasi perguruan tinggi dari sebelumnya A, B dan C menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik atau Tidak Terkareditas bagi yang tidak memenuhi syarat.

Lalu, ujar dia, pertanyaannya, apakah akreditasi Unggul sama dengan akreditasi A, dan Sangat Baik sama dengan B. Jawabnya tidak sama sekali.

Menurut guru besar kelahiran Kabupaten Kotabaru tersebut, PT yang telah mendapatkan akreditasi B untuk bisa mendapatkan akreditasi Sangat Baik, harus memenuhi beberapa syarat tambahan sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan.

Kedepan, ujar guru besar itu, LLDIKTI akan terus mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan daerah, dengan seluruh sumber daya yang ada dengan mengikuti setiap perubahan yang terjadi.

"Dengan kerja keras dan kerja cerdas, kita semua pasti bisa menghadapi seluruh tantangan yang ada. Kita pasti, bisa," katanya, dengan penuh semangat.

Dia juga mengingatkan, agar seluruh pihak tetap memperhatikan protokol kesehatan dan selalu menaati ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Masih banyak PTS di Kalimantan enggan salurkan KIP Kuliah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar