Ambon (ANTARA) - Sebanyak 15.120 vial vaksin COVID-19 yang dikemas dalam 8 koli paket tiba di Kota Ambon Provinsi Maluku, Senin pagi sekitar pukul 07.00 WIT.

"Benar vaksin tahap pertama sudah tiba tadi pagi menggunakan jasa penerbangan komersial Batik Air yang mendarat di Bandara Internasional Pattimura Ambon," kata Ketua Pelaksana Harian Satgas COVID-19 Maluku Kasrul Selang, di Ambon, Senin.

Ribuan vaksin tersebut dikemas dalam dalam delapan koli paket dengan berat total 292 kilogram, terbagi atas tujuh koli di mana masing-masing berisi 1.960 vial dan satu koli lainnya berisi 1.400 vial vaksin.

Baca juga: Vaksin COVID-19 tiba di Jayapura

Kasrul membenarkan pengamanan dan pengawalan vaksin mulai dari bandara hingga instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku di Karang Panjang, dilakukan secara ketat oleh satu satuan setingkat peleton (SST) Brimob Polda Maluku, dipimpin langsung Karo Ops Kombes Pol Antonius Wantri dan Dirlantas Polda Maluku Kombes Pol Rahmat Hakim.

"Seluruh vaksin akan disimpan di instalasi Farmasi Dinkes Maluku di Karang Panjang karena fasilitasnya lengkap, sebelum didistribusikan ke kabupaten kota sesuai peruntukkan," ujar Kasrul.

Kasrul yang didampingi Kadis Kesehatan Maluku Meikyal Pontoh menyatakan, vaksinasi awal diperuntukkan kepada tenaga kesehatan di 11 kabupaten kota di Maluku, sebagai garda terdepan penanganan pandemi COVID-19.

"Jadi tahap pertama vaksinasi akan dilakukan kepada 14.548 orang tenaga kesehatan di Maluku. Jumlah terbanyak di Kota Ambon yakni 3.655 orang, dan Maluku Tengah 2.096 orang," ujarnya.

Khusus di Kota Ambon selain untuk tenaga Puskesmas juga untuk tenaga kesehatan yang bertugas di seluruh rumah sakit dan instalasi rujukan COVID-19. "Jika tidak ada halangan vaksinasi akan dilakukan secara serentak pada 14 Januari 2021," tambah Kasrul.

Baca juga: 62.560 vaksin COVID-19 untuk Jawa Tengah tiba di Semarang
Baca juga: 30.000 dosis vaksin COVID-19 tiba di Palembang

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021