Jejak AGCO di Indonesia tidak perlu diragukan lagi
Jakarta (ANTARA) - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi mayoritas saham Auerbach Grayson & Company LLC (AGCO), broker saham yang berpusat di New York, AS, untuk merambah pasar internasional.

Executive Chairman of MNC Group Indonesia Hary Tanoesoedibjo mengatakan, dengan mengakuisisi saham AGCO, BCAP akan mendapatkan keuntungan dari kuatnya jaringan internasional perusahaan itu akses ke 126 mitra lokal di seluruh dunia.

"Jejak AGCO di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Investasi ini akan memungkinkan MNC Sekuritas, unit bisnis BCAP yang bergerak di bidang jasa pasar modal, memperluas jangkauannya secara internasional dan berdampak positif pada kinerja kami ke depan," ujar Hary dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Baca juga: IHSG awal tahun berpotensi naik, seiring rilis data inflasi RI

AGCO ada broker yang memfasilitasi perdagangan global dan melakukan riset secara eksklusif untuk institusi Amerika Serikat.

Akuisisi AGCO oleh BCAP tersebut akan bekerja sama dengan David Grayson, Co-Founder AGCO. Kesepakatan tersebut telah diselesaikan setelah mendapat persetujuan dari Financial Industry Regulatory Authority (FINRA) Amerika Serikat. BCAP melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, Winfly Ltd, menjadi pengendali saham AGCO, sedangkan Co-Founder AGCO David Grayson membeli kembali sisa saham.

Hary menuturkan akuisisi tersebut untuk melengkapi jaringan distribusi kegiatan pasar modal MNC Sekuritas tidak hanya di Indonesia, tetapi juga global, terutama untuk wilayah Amerika Serikat, Inggris dan Eropa. MNC Sekuritas juga akan menjembatani seluruh transaksi AGCO di Indonesia.

Baca juga: Menko Airlangga harap makin banyak perusahaan cari dana di pasar modal

"Di pasar modal, distribution network yang kuat menjadi salah satu kunci keberhasilan. AGCO diharapkan dapat menjadi distribution network MNC Group untuk placement dan fundraising di Amerika Serikat maupun Eropa. Selain itu, AGCO akan berperan penting untuk pengembangan manajemen aset dibawah BCAP," kata Hary.

Auerbach Grayson membangun jaringan globalnya dengan menjalin kemitraan dengan broker serta bank lokal maupun regional baik di negara maju maupun berkembang dan kini memiliki jaringan di lebih dari 125 negara. 

"Bersama-sama, kami berbagi visi untuk mengembangkan lebih lanjut pendekatan unik Auerbach Grayson di dunia pasar modal global dan memperluas perusahaan selama masa sulit ini dengan menyediakan penelitian, juga akses ke lebih dari 125 pasar di seluruh dunia," ujar David Grayson.

Baca juga: MNC Kapital fokus kembangkan bisnis keuangan digital

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021