Kalau pun tes usap terakhir Kevin negatif, menurut saya dia tetap tidak layak untuk bertanding di tiga kejuaraan yang sangat berat ini
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memastikan seluruh anggota Skuat Merah Putih siap berlaga di tiga turnamen di Bangkok, Thailand, kendati terjadi perubahan susunan pemain setelah Kevin Sanjaya Sukamuljo dipastikan terpapar COVID-19.

"Tim bulu tangkis Indonesia tetap berangkat untuk mengikuti tiga kejuaraan di Bangkok, Thailand. Sepanjang mengikuti protokol kesehatan, semoga semuanya lancar. Kami melihat ajang ini sangat penting karena sebagai bagian dari persiapan menghadapi agenda terpenting tahun 2021 ini, yaitu Olimpiade Tokyo," ujar Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin.

Rionny menjamin pemain lainnya yang diproyeksikan tampil ke tiga turnamen tersebut semuanya dalam kondisi sehat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji usap PCR kepada seluruh pemain dan tim pendukung yang berangkat ke Thailand.

Baca juga: PBSI carter pesawat untuk keberangkatan tim ke Thailand

Dalam tes usap kepada 40 orang yang terdiri atas pemain, pelatih teknik, pelatih fisik, dokter, terapis, dan masseur, yang dilakukan di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur pada 2 Januari, seluruhnya menunjukkan hasil negatif COVID-19.

Kevin sendiri sejak pertengahan Desember lalu memang sudah dipisahkan dengan para pemain penghuni Pelatnas Cipayung.

Karena positif terinfeksi virus corona, Marcus Fernaldi Gideon, yang merupakan pasangan Kevin sebagai ganda putra nomor satu dunia sekaligus unggulan pertama ini pun terpaksa mundur dari seluruh rangkaian kejuaraan tersebut.

Baca juga: Thailand jamin tur Asia akan jadi turnamen bulu tangkis paling aman

Turnamen yang seharusnya diikuti Minions di Thailand yaitu dua turnamen berkategori BWF Super 1000 Thailand Open pada 12-17 Januari dan 19-24 Januari. Selain itu, bagi delapan pemain atau pasangan dengan peringkat teratas akan melanjutkan bertarung di Final BWF World Tour 2020 pada 27-31 Januari.

"Kalau pun tes usap terakhir Kevin negatif, menurut saya dia tetap tidak layak untuk bertanding di tiga kejuaraan yang sangat berat ini. Persiapannya juga tidak cukup. Makanya keputusannya jelas, Kevin tidak kita bawa ke Bangkok dan harus menjalani isolasi mandiri biar memulihkan kesehatannya dulu," tutur pelatih kepala ganda putra Pelatnas Cipayung Herry Iman Pierngadi.

Herry IP menambahkan, meski sejak 31 Desember 2020 positif terinfeksi COVID-19, Kevin memang terus dipantau kesehatannya. Baru empat hari kemudian dirilis soal berita dirinya positif. Hal ini semata-mata agar tidak memengaruhi semangat tim yang akan berangkat ke Negeri Gajah Putih.

Baca juga: Minions gagal ke Bangkok setelah Kevin dinyatakan positif COVID-19
Baca juga: Pelatih Malaysia juga positif COVID-19 jelang terbang ke Thailand
Baca juga: Momota dinyatakan positif COVID-19 saat di bandara menuju Thailand
Baca juga: China mundur dari tiga turnamen BWF di Thailand

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021