Pelaksanaan imunisasi kita jadwalkan tanggal 14 Januari
Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan proses vaksinasi COVID-19 di DIY akan dimulai pada 14 Januari 2021 dengan mendahulukan tenaga kesehatan.

"Pelaksanaan imunisasi kita jadwalkan tanggal 14 Januari," kata Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Pracimasana, Kepatihan, Yogyakarta, Senin.

Sultan mengatakan secara keseluruhan DIY bakal menerima jatah vaksin COVID-19 total sebanyak 2.605.179 dosis yang nantinya akan dibagi pengirimannya menjadi empat tahap.

Ia memperkirakan vaksin tahap pertama akan tiba di DIY pada Selasa (5/1).

"Jadi kita perkirakan di sini untuk pengiriman vaksin sampai di DIY kita perkirakan besok tanggal 5 Januari," kata dia.

Sultan menjelaskan untuk tahap pertama, DIY akan menerima 26.800 dosis, nama penerima yang terdata baru 25.340. "Ini khusus untuk tenaga kesehatan," kata dia.

Berikutnya untuk tahap kedua, DIY bakal menerima 555.290 dosis yang diperuntukkan sektor pelayanan publik dan lanjut usia (lansia).

Tahap ketiga dikhususkan bagi masyarakat kelompok rentan sebanyak 995.353 dosis dan tahap terakhir sebanyak 1.067.912 dosis vaksin untuk pelaku ekonomi yang esensial dan masyarakat lainnya.

Sultan mengatakan pelaksanaan empat tahap vaksinasi COVID-19 di DIY membutuhkan 1.313 vaksinator atau orang yang bertugas melalukan vaksinasi. Sampai saat ini baru sebanyak 331 orang tenaga kesehatan yang sudah dilatih. "Kita perlu ada kesiapan mulai tanggal 7 Januari untuk pendidikan, pelatihan, dan sebagainya," kata Sultan.

Baca juga: Pakar UGM berharap publik percayakan vaksin COVID-19 kepada BPOM-MUI
Baca juga: Sepekan, sidak identitas kesehatan hingga vaksin COVID-19 gratis

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2021