Jakarta (ANTARA) - Mainz 05, lewat laman resmi pada Senin, menyatakan bahwa pihaknya telah menunjuk Bo Svensson sebagai pelatih baru mereka.

Svensson yang pernah bermain sekaligus mengakhiri karier profesionalnya di Mainz, kembali ke klub itu setelah sebelumnya melatih klub divisi kedua Austria FC Liefering.
 
"Bo memiliki kualitas-kualitas yang kami inginkan untuk mengisi posisi kepelatihan kami. Ia belajar tugas kepelatihan di akademi kami dari nol, dan juga mengetahui cara kerja pelatih-pelatih seperti Juergen Klopp dan Thomas Tuchel sebagai pemain. Ia tahu seperti apa sepak bola kami semestinya. Kami yakin bahwa ia memiliki kepribadian dan ketegasan untuk mentransfer pengetahuan ini kepada tim," kata Anggota Dewan Mainz untuk Strategi, Olahraga, dan Komunikasi Christian Heidel.

Baca juga: CEO Dortmund klaim Haaland akan bertahan satu musim lagi
Baca juga: Klasemen Liga Jerman: Bayern hanya sebentar dilengserkan Leipzig


Svensson melengkapi tim manajemen olahraga yang baru, dan bergabung dengan Heidel dan Martin Schmidt.

Pria Denmark itu bermain untuk Mainz di strata kedua dan Liga Jerman pada 2007 sampai 2014, dan mencatatkan 122 penampilan kompetitif.

Pada 2014 sampai 2019, ia melatih tim-tim U-17 dan U-19 di akademi Mainz. Svensson membawa pula mantan pelatih tim junior Mainz Babak Keyhanfar dari FC Liefering sebagai asistennya.

Pada awal musim 2020/2021, Mainz masih diarsiteki oleh Achim Beierlorzer yang telah menangani mereka sejak 2019 silam. Namun setelah mengawali musim ini dengan buruk, ia dipecat dan digantikan Jan-Moritz Lichte sejak September tahun lalu.

Lichte mengasuh tim hanya selama dua bulan dan dipecat pada Desember.

Selama beberapa saat, tongkat kepelatihan dipegang oleh pelatih sementara Jan Siewert sebelum penunjukan Svensson.

Baca juga: Pelatih Bayer Leverkusen kibarkan bendera putih
Baca juga: Schalke 04 tunjuk Christian Gross sebagai pelatih


 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021