Setiap hari akan menentukan hingga hari terakhir, tapi sejauh ini tidak ada masalah besar
Jakarta (ANTARA) - Pebalap Australia Toby Price meraih kemenangan etape keduanya di Reli Dakar 2021 setelah tampil tercepat di etape tiga dengan rute memutar Wadi Ad-Dawasir, Arab Saudi, Selasa.

Setelah mencatatkan waktu terbaik di hari pertama, Price kesulitan menjalani tugasnya sebagai pembuka jalan di etape kedua.

Dikutip dari laman resmi Reli Dakar, Selasa, pebalap KTM itu kehilangan 32 menit dari Joan Barreda dari tim Honda yang memimpin di hari kedua.

Baca juga: Al-Attiyah juarai etape 2 Reli Dakar, Peterhansel pimpin klasemen

Price, yang mengincar gelar Dakar ketiganya, hari ini start dari posisi ke-29 dan tampil cukup konsisten di peringkat kedua tercepat setelah check point pertama.

Price menjaga jaraknya kurang dari satu menit dari Kevin Benavides di paruh awal lomba dan menyusul sang pebalap Honda setelah km 292 untuk memimpin catatan waktu lomba.

Price tanpa kesulitan mempertahankan catatan waktunya hingga menyelesaikan Spesial Stage sejauh 403km itu dalam tiga jam tujuh menit.

Benavides harus puas finis runner-up, dengan selisih satu menit 16 detik diikuti dua pebalap KTM lainnya, Matthias Walkner yang melengkapi podium di posisi finis ketiga dan pebalap privateer Skyler Howes yang kembali finis peringkat empat.

Catatan waktu Benavides cukup membuat pebalap Argentina itu menempati peringkat dua klasemen, terpaut 33 detik dari Howes yang mengambil alih pimpinan setelah etape ketiga dari Joan Barreda yang turun ke posisi delapan dengan selisih delapan menit.

"Satu hari lagi yang menyenangkan di gurun," kata Howes.

Baca juga: Saudi membangun citra terbuka dan moderat lewat olahraga

"Saya berharap lebih dari diri saya. Saya menjaga tetap di standar yang tinggi, tapi pada akhirnya, saya seorang privateer di sini dan saya merogoh kocek sendiri untuk bisa ke sini, jadi saya akan melakukan yang terbaik dan menikmatinya setiap hari," kata sang pebalap Amerika Serikat.

Price memangkas waktunya menjadi satu menit 52 detik dari pemuncak klasemen untuk naik ke peringkat empat, satu strip di bawah Xavier De Soultrait yang mengamankan posisi ketiga klasemen untuk tim Husqvarna.

"Sejauh ini, ada baik ada buruk. Suatu hari cukup frustasi menjadi di depan dan kemudian di belakang pada hari berikutnya," kata Price.

"Kesulitan navigasi berarti sulit membuka jalan. Saya harus melakukannya besok, tapi saya berharap ada sedikit kelonggaran dan ini akan menjadi hari yang tidak terlalu rumit untuk navigasi di depan.

"Hasil ini tidak berarti banyak.... Tapi ini hari yang baik bagi saya. Motor bekerja baik, saya tidak jatuh dan saya tidak memiliki masalah dengan bahan bakar seperti kemarin.

"Setiap hari akan menentukan hingga hari terakhir, tapi sejauh ini tidak ada masalah besar," kata juara Dakar 2016 dan 2019 itu.

Sementara itu juara bertahan Ricky Brabec dari tim Honda finis 21 menit 39 detik lebih lama dan menghuni peringkat ke-13 klasemen.

Etape keempat akan start dari Wadi Ad-Dawasir dan finis di Riyadh dengan Special Stage sejauh 337km.

Baca juga: Barreda juarai etape 2 Reli Dakar
Baca juga: Sainz juarai etape pertama Reli Dakar

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021