Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin ingin agar program Balai Ekonomi Desa (Balkondes) seperti di Borobudur, Jawa Tengah, dapat ditiru dan diterapkan di berbagai daerah untuk menghidupkan kembali sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Indonesia.

Hal itu disampaikan Wapres Ma’ruf Amin secara langsung kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uni dalam pertemuan di rumah dinas Wapres di Jakarta, Selasa sore.

"Wapres meminta supaya Balkondes seperti di Borobudur itu direplikasi di berbagai daerah yang lain. Balkondes itu menjadi tempat pariwisata alam desa di sekitar Magelang yang sekarang diminati oleh banyak orang," kata Masduki ketika dihubungi di Jakarta, Selasa.

Balkondes merupakan program bentukan Kementerian BUMN untuk memberikan ruang bagi pemerintah dan masyarakat desa dalam mengembangkan potensi ekonomi di wilayahnya.

Baca juga: Bertemu Wapres, Risma ingin reaktivasi 49 balai rehabilitasi Kemensos
Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin tidak divaksin COVID-19 di tahap pertama
Baca juga: Sandiaga Uno dialog dengan Mari Pangestu bahas masa depan pariwisata


Di kawasan Sleman, Yogyakarta dan Magelang, Jawa Tengah, saat ini terdapat 15 balkondes yakni Stasiun, Tuksongo, Wringinputih, Wanurejo, Tanjungsari, Majaksingi, Kenalan, Kembanglimus, Giritengah, Karanganyar, Karangrejo, Kebonsari, Bigaran, Borobudur dan Bumiharjo.

Dalam pertemuan tersebut, Sandiaga juga melaporkan hasil kunjungan kerjanya ke beberapa destinasi wisata super prioritas. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan tugas prioritasnya untuk membangkitkan industri ekonomi kreatif.

"Angle yang dia (Sandiaga) kemukakan itu ingin membangkitkan industri kreatifnya terlebih dahulu, ada tiga besar yang dia akan fokuskan," tambah Masduki.

Setelah selesai dengan sektor ekonomi kreatif, lanjutnya, Sandiaga akan mengutamakan pada pengembangan di sektor fesyen dan kuliner.

Dalam safarinya ke tempat-tempat wisata super prioritas tersebut, Sandiaga mengatakan dia juga menyerap aspirasi dari masyarakat sekitar dan melaporkan hasilnya kepada Wapres Ma’ruf Amin.

"Wapres sangat senang kalau itu kemudian diarahkan ke ekonomi kreatif, karena memang selama ini hal tersebut yang menjadi fokus Wapres," ujar Masduki.

Ma’ruf Amin berencana memanggil menteri-menteri baru yang berhubungan dengan tugas-tugas wapres untuk rapat koordinasi bersama menteri terkait lainnya.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021