Pemkot Surabaya diminta sosialisasi dan edukasi vaksinasi COVID-19

Pemkot Surabaya diminta sosialisasi dan edukasi vaksinasi COVID-19

Ilustrasi - Botol botol dosis vaksin virus corona baru atau COVID-19 di laboratorium ANTARA/Shutterstock/pri.

Pemkot Surabaya harus hadir untuk melakukan edukasi
Surabaya (ANTARA) - Pimpinan DPRD Kota Surabaya meminta pemerintah kota setempat segera melakukan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat yang tinggal di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur.

Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti di Surabaya, Rabu, mengatakan sosialisasi dan edukasi perlu dilakukan karena fakta di lapangan masih ada warga baik yang siap maupun yang masih ragu tentang pentingnya vaksinasi tersebut.

"Pemkot Surabaya harus hadir untuk melakukan edukasi dan sosialisasi terkait pentingnya pemberian vaksinasi kepada warga Surabaya," ujarnya.

Soal skema pelaksanaan vaksinasi, lanjut dia, Pemkot Surabaya sudah merencanakan dan menyiapkan penunjang pelaksanaan vaksinasi tersebut.

"Jadi pendampingan sudah disiapkan Pemkot Surabaya. Yang jelas tenaga kesehatan yang di dahulukan vaksinasi sesuai arahan pemerintah," katanya.

Baca juga: Sekda Jabar tekankan pentingnya sosialisasi sebelum vaksinasi COVID-19

Baca juga: Wapres minta ulama-ormas Islam sosialisasi pentingnya vaksin COVID-19


Reni berharap ketika tahapan vaksinasi dilakukan meminta harus sesuai prosedur secara syarat-syarat keamanan dan lain sebagainya harus jelas.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana sebelumnya mengatakan menyatakan vaksinasi COVID-19 di Surabaya dijadwalkan pada 14-15 Januari 2021.

"Intinya untuk kesiapan vaksin ini akan dimulai serentak secara Nasional pada pekan depan. Untuk di Jakarta pada 13 Januari 2021 dan di daerah-daerah diperkirakan pada 14-15 Januari," kata Whisnu.

Meski demikian, lanjut dia, Kota Surabaya hingga saat ini belum dapat vaksin meski bantuan dari pemerintah pusat sudah dikirim ke Pemerintah Provinsi Jatim.

Terkait hal itu, ia mengaku sudah menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya agar menanyakan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Baca juga: Warga Sumsel harap pemerintah perkuat sosialisasi vaksin COVID-19

Baca juga: Puan: Pemerintah tingkatkan intensitas sosialisasi vaksin COVID-19

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

DPR RI dukung Badan POM uji klinis fase II Vaksin Nusantara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar