Gubernur jadi yang pertama divaksin COVID-19 di Sumbar

Gubernur jadi yang pertama divaksin COVID-19 di Sumbar

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. ANTARA/Miko Elfisha.

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menjadi orang pertama yang akan mendapat suntikan vaksin COVID-19 di provinsi itu pada 14 Januari 2021.

"Instruksi Menteri Dalam Negeri, gubernur bersama sembilan orang Forkopimda akan divaksin pertama sebelum vaksinasi diberikan pada masyarakat," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Sumbar Jasman di Padang, Rabu.

Selain gubernur dan Forkopimda, Wakil Gubernur Nasrul Abit, Ketua DPRD, Kepala Dinas Kesehatan, Ketua IDI dan MUI juga akan divaksin pada kesempatan pertama.

Baca juga: Ketua DPD: Vaksinasi dapat tekan defisit di bawah tiga persen

Baca juga: Bio Farma: Tenaga kesehatan jadi prioritas vaksinasi Covid tahap awal


Vaksinasi untuk pimpinan daerah itu dilakukan sehari setelah Presiden RI Joko Widodo dan sejumlah menteri menerima vaksinasi pertama pada 13 Januari 2021.

"Ini untuk memotivasi masyarakat agar mendukung upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19 dengan cara vaksinasi," kata Jasman.

Ia berharap setelah adanya contoh dari para pemimpin negeri ini, tidak ada lagi suara-suara penolakan dari masyarakat.

Sementara itu anggota DPR RI Dapil Sumbar Nevi Zuairina menyebut para pemimpin dari tingkat pusat hingga daerah memang seharusnya memberikan teladan dalam proses vaksinasi tersebut.

"Jika Presiden, Gubernur dan pimpinan daerah lain sudah divaksin, tidak ada lagi alasan untuk menolak," ujarnya.

Pada tahap I vaksin COVID-19 yang telah sampai di Sumbar mencapai 36.920 dosis. Vaksin itu disimpan dalam ruangan khusus di Dinas Kesehatan setempat.

Baca juga: Presiden targetkan 29,55 juta dosis vaksin tiba di daerah hingga Maret

Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan akan menjadi prioritas untuk diberikan vaksinasi karena pertimbangan peran vitalnya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tokoh masyarakat dan agama Pandeglang sosialisasikan vaksinasi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar