Jakarta (ANTARA) - Pebalap Spanyol Joan Barreda meraih kemenangan etape untuk kedua kalinya di Reli Dakar 2021 setelah finis tercepat pada hari keempat di Riyadh, Arab Saudi, Rabu.

Pebalap tim Honda itu menyelesaikan Spesial Stage sejauh 337km dari Wadi Ad-Dawasir menuju ibu kota Arab Saudi itu dalam waktu dua jam 46 menit 50 detik, demikian laman resmi Dakar.

Juara etape kedua itu start hari keempat dari posisi ke-30 dan mengambil alih pimpinan lomba sejak checkpoint pertama di km 43 dan catatan waktunya tak terkejar lawan-lawannya hingga garis finis.

Baca juga: Barreda juarai etape 2 Reli Dakar

Ross Branch dari tim Yamaha menjadi pebalap yang pertama kali menyelesaikan lomba namun ia mendapati catatan waktunya terpaut lima menit 57 detik di belakang Barreda setelah pebalap Spanyol melintasi finis.

Sang pebalap Botswana harus puas sebagai runner-up dan pebalap rookie Daniel Sanders membawa KTM melengkapi podium di posisi ketiga 12 detik berselang.

"Saya menikmatinya. Saya sedikit frustrasi setelah melewatkan waypoint dari start pagi ini. Kemudian saya ingin melihat seberapa cepat saya bisa melaju dan mencari tahu kecepatan puncak motor saya," kata Branch.

"Yamaha melakukan tugasnya dengan sangat baik dengan motor ini dan ini sangat cepat, saya tidak berharap bisa membalap secepat itu.

"Saya harus tetap konsisten di sisa etape yang ada untuk melihat bagaimana hasil akhirnya nanti," kata Branch yang saat ini menempati peringkat empat klasemen dengan margin empat menit 24 detik.

Baca juga: Price juarai etape 3, Howes ambil alih pucuk klasemen Reli Dakar

Pebalap tim Husquvarna Xavier De Soultrait finis kelima hari ini dan mendongkrak posisinya ke puncak klasemen umum sementara.

Sang pebalap Prancis memiliki margin tipis 15 detik dari Barreda yang membayangi di peringkat dua bersama rekan satu timnya di Honda, Kevin Benavides, yang terpaut tiga menit 24 detik di peringkat tiga.

Setelah menjuarai etape tiga, Toby Price di hari keempat sempat kembali memimpin di km 80 namun sang pebalap KTM kehilangan waktu lebih dari lima menit di checkpoint berikutnya karena melakukan kesalahan navigasi.

Juara Dakar dua kali dari Australia itu menyudahi hari keempat dengan finis lebih dari 14 menit dari catatan waktu Barreda dan mendapati dirinya turun ke peringkat delapan klasemen dengan margin tujuh menit 47 detik dari De Soultrait.

Baca juga: Toby Price rebut etape pertama Reli Dakar

Sementara itu juara bertahan Ricky Brabec sepertinya menjalani etape hari ini cukup konservatif, menjaga umur bannya dan menghindari sebagai pembuka jalan di etape kelima, yang disebut-sebut sebagai rute terberat di Dakar edisi ke-43 itu.

Sang pebalap Amerika Serikat kini menghuni peringkat ke-15 berjarak 16 menit 21 detik dari pemuncak klasemen.

Etape kelima akan menempuh rute sejauh 661km dari Riyadh ke Al Qaisumah dengan Spesial Stage sepanjang 456km.

Baca juga: Klaim etape 3, Al Attiyah pangkas jarak dari Peterhansel
Baca juga: Al-Attiyah juarai etape 2 Reli Dakar, Peterhansel pimpin klasemen
Baca juga: Sainz juarai etape pertama Reli Dakar

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021