Liga Italia

Juventus paksa Milan derita kekalahan perdana di Liga Italia musim ini

Juventus paksa Milan derita kekalahan perdana di Liga Italia musim ini

Para pemain Juventus merayakan gol yang dicetak Weston McKennie dalam pertandingan Liga Italia melawan AC Milan yang dimainkan di Stadion San Siro, Milan, Rabu (6/1/2021). (ANTARA/AFP/MIGUEL MEDINA)

Jakarta (ANTARA) - Juventus memaksa AC Milan menderita kekalahan perdana mereka di Liga Italia musim ini setelah memetik kemenangan 3-1 dalam lawatan ke Stadion San Siro, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Kendati merasakan kekalahan perdana dari 16 pertandingan mereka musim ini, Milan tetap menjaga posisi mereka di pucuk klasemen dengan koleksi 37 poin sebab rival sekotanya, Inter Milan (36) juga menelan kekalahan, sedangkan Juve (30) naik ke tempat keempat, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Bagi Milan, kekalahan tersebut sekaligus mengakhiri rentetan 27 pertandingan tanpa kekalahan di Liga Italia yang terhitung sejak musim lalu.

Baca juga: Inter buang peluang curi posisi puncak usai ditundukkan Sampdoria

Tuan rumah Milan memiliki peluang terlebih dahulu saat Samu Castillejo melepaskan sepakan yang dapat ditahan kiper Wojciech Szczesny, namun Federico Chiesa balas mengancam melalui sepakannya yang membentur mistar gawang.

Namun Juventus justru membuka keunggulan pada menit ke-18. Chiesa bekerja sama satu-dua dengan Paulo Dybala, yang mengembalikan bola kepadanya dengan sepakan tumit dan sepakan menyudutnya melesak masuk ke gawang yang dikawal Gianluigi Donnarumma.

Rafael Leao mengancam melalui serangan balik, dengan melepaskan sepakan melambung. Aaron Ramsey kemudian nyaris mencetak gol bunuh diri saat ia berusaha mengantisipasi sepakan Hakan Calhanoglu, untuk membuat bola melambung dan memaksa Szczesny susah payah melakukan penyelamatan.

Upaya keras Milan untuk menyamakan kedudukan baru berbuah hasil pada menit ke-41. Calhanoglu menekel Adrien Rabiot di lini tengah untuk memicu serangan balik, Leao bergerak cepat di sisi kiri dan menggulirkan bola kepada Davide Calabria, yang melakukan penyelesaian indah dengan melesakkan bola ke sudut atas gawang.

Baca juga: Pioli minta Milan lupakan capaian 2020 dan jaga level antusiasme

Milan mengawali babak kedua dengan cukup baik, dan Szczesny harus menepis sepakan Diogo Dalot.

Tetapi Chiesa merestorasi keunggulan Juve pada menit ke-62. Ia bergerak memotong dari sisi kanan untuk melewati Theo Hernandez, dan melepaskan sepakan melengkung kaki kiri ke sudut bawah gawang. Setelah gol tersebut Chiesa merasa kram, dan harus digantikan Dejan Kulusevski.

Donnarumma melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan peluang Weston McKennie, yang menerima umpan matang dari Cristiano Ronaldo.

Para pemain pengganti Juve bekerja sama apik untuk mengemas gol ketiga mereka. Kulusevski melewati Alessio Romagnoli di sisi kanan, dan mengirimkan bola kepada McKennie untuk dikonversi menjadi gol penutup.

Szczesny menggagalkan peluang milik Calhanoglu. Milan berusaha keras mengejar ketertinggalan sampai akhir melalui upaya solo Daniel Maldini dan permohonan penalti Brahim Diaz, namun Rossoneri harus menelan pil pahit kekalahan perdana mereka musim ini.

Baca juga: Spezia bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 atas Napoli
Baca juga: Benevento balikkan ketertinggalan untuk menang 2-1 di markas Cagliari


Susunan pemain:

AC Milan (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma, Diogo Dalot (Daniel Maldini 81'), Simon Kjaer (Andrea Conti 81'), Alessio Romagnoli, Theo Hernandez, Davide Calabria (Pierre Kalulu 81'), Franck Kessie, Samuel Castillejo (Lorenzo Colombo 87'), Hakan Calhanoglu, Jens Petter Hauge (Brahim Diaz 67'), Rafael Leao
Pelatih: Stefano Pioli

Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny, Danilo, Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Gianluca Frabotta (Merih Demiral 87'), Federico Chiesa (Dejan Kulusevski 63'), Rodrigo Bentancur (Arthur 74'), Adrien Rabiot, Aaron Ramsey (Federico Bernardeschi 74'), Paulo Dybala (Weston McKennie 63'), Cristiano Ronaldo
Pelatih: Andrea Pirlo

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar