Ini belum menjadi penurunan pasar yang tajam
New York (ANTARA) - Wall Street beragam pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), dengan Indeks Dow Jones dan Indeks S&P 500 melonjak ke tertinggi sepanjang masa saat investor menimbun saham keuangan dan industri dipicu taruhan kemenangan Demokrat di Georgia akan menyebabkan lebih banyak stimulus fiskal dan belanja infrastruktur.

Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak 437,80 poin atau 1,44 persen, menjadi ditutup di 30.829,40 poin. Indeks S&P 500 bertambah 21,28 poin atau 0,57 persen, menjadi berakhir di 3.748,14 poin. Sementara itu, Indeks Komposit Nasdaq ditutup turun 78,17 poin atau 0,61 persen, menjadi 12.740,79 poin.

Tujuh dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona hijau, dengan keuangan dan material keduanya melambung lebih dari empat persen, melebihi sektor lainnya. Namun, sektor teknologi tergelincir 1,81 persen, merupakan kelompok dengan kinerja terburuk.

Wall Street memangkas keuntungan awal dan Indeks Nasdaq ditutup lebih rendah setelah segerombolan pengunjuk rasa menyerbu Capitol AS pada Rabu (6/1/2020) ketika mereka berusaha memaksa Kongres untuk membatalkan kekalahan pemilihan Presiden Donald Trump dari Joe Biden.

Baca juga: Dolar AS melambung, pasar antisipasi kemenangan Demokrat di Georgia

Anggota parlemen dievakuasi setelah pendukung Trump menerobos gedung ketika petugas polisi berjaga-jaga. Beberapa polisi menanggapi dengan senjata terhunus dan gas air mata.

“Ini belum menjadi penurunan pasar yang tajam. Ada pembeli yang datang juga. Ini agak mengejutkan secara visual untuk melihat ini terungkap di televisi,” kata Kepala Strategi Investasi Inverness Counsel, Tim Ghriskey, di New York.

Sebelum protes pro-Trump, sektor keuangan mencapai tertinggi satu tahun dan masih lebih tinggi pada hari itu, sementara sektor material, industri dan energi mempertahankan kenaikannya.

Saham-saham bank yang sensitif terhadap suku bunga juga naik, mengikuti lonjakan dalam imbal hasil obligasi AS 10-tahun yang dijadikan acuan di atas satu persen.

Baca juga: Harga emas anjlok 45,8 dolar, setelah naik 5 hari beruntun

Partai Demokrat memenangkan satu perlombaan Senat AS di Georgia dan memimpin di perlombaan lainnya, bergerak mendekati kemenangan mengejutkan di bekas benteng Republik yang akan memberi mereka kendali atas Kongres dan kekuatan untuk memajukan tujuan kebijakan Presiden terpilih Joe Biden.

Saat ini berkembang, Wakil Presiden AS Mike Pence membuka sesi bersama Kongres untuk secara resmi mengesahkan kemenangan Presiden Demokrat terpilih Joe Biden, menolak permintaan Presiden Donald Trump bahwa ia secara sepihak menolak suara elektoral.

Sementara itu Senat yang dikendalikan Demokrat biasanya mengantarkan peningkatan pengeluaran fiskal sambil meningkatkan kemungkinan kenaikan pajak dan peraturan yang lebih ketat, dan akan menjadi positif untuk pertumbuhan ekonomi global dan dengan demikian untuk sebagian besar aset berisiko.

“Orang-orang fokus pada stimulus yang akan datang,” kata Tom Martin, manajer portofolio senior, di GLOBALT Investments di Atlanta. “Pertanyaannya adalah seberapa besar itu dan apa yang akan terkandung di dalamnya. Tapi kapan pun Anda memiliki uang tambahan untuk dibelanjakan, itu positif bagi pasar. "

Baca juga: Harga minyak melonjak tertinggi 10 bulan, pasca-Saudi pangkas produksi

Indeks nilai Russell 1000, yang sangat menekankan pada sektor-sektor siklikal, melonjak 2,5 persen, sedangkan indeks pertumbuhan, dengan pembobotan perusahaan-perusahaan teknologi besar, turun 1,1 persen.

Meningkatnya risiko pengawasan antimonopoli dari Big Tech (Teknologi Besar) menekan saham perusahaan, dengan Apple Inc, Microsoft Corp, Amazon.com Inc, induk Google Alphabet Inc dan Facebook Inc jatuh.

Tesla Inc adalah satu-satunya saham teknologi utama yang diperdagangkan 2,9 persen lebih tinggi pada 755,98 dolar.

Baca juga: Saham Spanyol melonjak, Indeks IBEX 35 melambung 3,20 persen

Indeks perusahaan berkapitalisasi kecil Russell 2000 melonjak empat persen setelah sebelumnya mencapai rekor tertinggi.

Harapan pemulihan ekonomi bertenaga vaksin pada 2021 mendorong indeks-indeks utama Wall Street ke rekor tertinggi pada akhir Desember, dengan sektor-sektor yang sebelumnya tertinggal, termasuk bank, industri dan energi, memicu reli.

AmerisourceBergen Corp melesat 8,6 persen setelah grosir obat AS itu mengatakan akan membeli bisnis distribusi obat Walgreens Boots Alliance seharga 6,5 miliar dolar untuk pengembangan di Eropa. Komponen Dow Walgreens melonjak 4,5 persen.

Baca juga: Saham Prancis melambung, Indeks CAC 40 terangkat 1,19 persen
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021