Kuala Lumpur (ANTARA) - Musyawarah Majelis Pimpinan Tertinggi (MPT) Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) Rabu malam (6/1) tidak menyebutkan kerjasama politik dengan UMNO namun dengan sejumlah partai yang lain.

Berdasarkan keterangan Ketua Penerangan Bersatu Wan Saiful Wan Jan, Kamis, dalam konteks koalisi Perikatan Nasional (PN) pihaknya akan terus memperkukuh kerjasama politik bersama partai-partai anggota PN yang lain yaitu Partai Islam se-Malaysia (PAS), Partai Solidaritas Tanah Airku (STAR) dan Partai Maju Sabah (SAPP).

Saat ini UMNO ikut serta dalam kabinet PN di bawah pimpinan Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yasin namun dalam Rapat Majelis Tertinggi UMNO Rabu malam (6/1) sebanyak 189 bagian-bagian UMNO mengusulkan pemutusan hubungan kerjasama dengan Bersatu menghadapi Pemilu ke-15.

Wan Saiful mengatakan dalam rapat yang dipimpin Tan Sri Muhyiddin bahwa Bersatu menyatakan berkomitmen untuk terus memberikan tumpuan kepada usaha meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya dalam menghadapi penularan COVID-19 dan bencana banjir.

"Bersatu berpendirian bahwa Pemilu hanya wajar dilaksanakan apabila perkembangan pandemik COVID-19 berada pada tahap yang lebih baik dan terkawal," katanya.

Sebagai partai yang memelopori pembentukan pemerintahan PN, ujar dia, Bersatu terus mempertahankan kerjasama politik bersama partai-partai dalam PN.

"Bersatu juga memutuskan memberikan fokus terhadap pembinaan kekuatan partai melalui praktik politik pelayanan dan politik prihatin," katanya.

Beberapa pemimpin utama Bersatu turut hadir diantaranya Wakil Presiden, Datuk Seri Ronald Kiandee, Anggota Majelis Pimpinan Tertinggi (MPT), Datuk Seri Mohamed Azmin Ali dan Zuraida Kamaruddin.

Azmin Ali dan Zuraida sebelumnya adalah pengurus Partai Keadilan Rakyat (PKR) pimpinan Datuk Seri Anwar Ibrahim yang kemudian membelot melakukan gerakan yang dikenal dengan "Sheraton Movement".

Baca juga: 189 bagian UMNO usulkan pemutusan kerja sama dengan PPBM
Baca juga: Partai Bersatu kesal Menteri Besar Perak digulingkan
Baca juga: Muhyiddin Yassin kembali terpilih sebagai presiden Partai Bersatu

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021