Turun drastis, kunjungan ke Pulau Komodo tahun lalu hanya 51.618 orang

Turun drastis, kunjungan ke Pulau Komodo tahun lalu hanya 51.618 orang

Dokumentasi - Wisatawan mendaki Puncak Bukit Pulau Padar untuk menyaksikan panorama alam Taman Nasional Komodo (TNK), di Manggarai Barat, NTT, Kamis (29/11/2018). Otoritas Taman Nasional Komodo mencatat, jumlah wisatawan yang berdatangan ke kawasan wisata itu menurun drastis dari yang semula 200-300 orang per hari, kini hanya mencapai sekitar 100 orang per hari. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/kye.

Kupang (ANTARA) - Balai Taman Nasional Komodo mencatat kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) sepanjang 2020 hanya 51.618 orang, turun drastis jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebanyak 221.708 orang.

Dari jumlah kunjungan selama 2020 itu, wisatawan nusantara mendominasi kunjungan ke Pulau Komodo yakni sebanyak 38.529 orang dan 13.089 orang lainnya merupakan wisatawan mancanegara, kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang Nistyantara, Kamis, terkait kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) sepanjang 2020.

Menurut dia, biasanya setiap hari rata-rata 400 orang mengunjungi pulau Komodo, tetapi karena COVID-19 kawasan sempat ditutup selama periode April-Juni 2020.

Kawasan tersebut baru dibuka kembali pada Juli 2020 tetapi itu pun dengan pembatasan kunjungan karena harus menggunakan standar protokol kesehatan, katanya.

Dia berharap mulai Januari 2021, kunjungan wisatawan ke pulau itu kembali berangsur normal, walaupun dengan tetap dengan pembatasan.

Apalagi, Pemerintah Indonesia telah mempersiapkan pelaksanaan protokol kesehatan, keselamatan dan keamanan di Labuan Bajo, untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

Baca juga: Progres penataan di Loh Buaya, Pulau Rinca capai 64,01 persen

Baca juga: TNK paparkan peluang Desa Komodo menuju desa berbasis budaya maritim

Baca juga: Luhut pastikan pemerintah tetap promosikan pariwisata komodo

Baca juga: Peneliti: Komodo lebih aktif dengan minimnya aktivitas manusia

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kegiatan Tim SAR dan kondisi sejumlah desa di Lembata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar