Jakarta (ANTARA) - Aktris muda Yasamin Jasem mendapat kesempatan mencicipi rasanya jadi siswi SMA di sekolah konvensional, setidaknya lewat aktingnya dalam film "Yang Tak Tergantikan" yang disutradarai Herwin Novianto.

Aktris 16 tahun ini memerankan karakter remaja bernama Tika, anak tengah dari tiga bersaudara yang hanya tinggal bersama ibu mereka. Sama seperti tokoh yang diperankan, Yasamin mengungkapkan ibunya juga orangtua tunggal.

Baca juga: Tayang di Disney+, "Susi Susanti" diharapkan bangkitkan semangat

Secara usia, dia bisa merasa lebih dekat dengan karakter Tika karena mereka sama-sama masih remaja dan duduk di bangku SMA. Bedanya, Yasamin menempuh pendidikan dengan cara homeschooling, bukan di sekolah konvensional. Apakah dia tertarik pindah betulan ke sekolah konvensional?

"Sudah nanggung, aku sekarang kelas 2 SMA," ujar Yasamin dalam media gathering virtual, Kamis.

Di film "Yang Tak Tergantikan", Yasamin menjelma jadi remaja yang sedang mengalami masa puber dan penuh gejolak emosi. Cari perhatian, genit, merasa dia adalah pusat dari dunia. Bentuk Tika mencari perhatian tersalurkan lewat gaya pakaian yang mencolok dan ketat.

"Sampai robek pas syuting (akibat ketat)," dia tertawa.

Sutradara Herwin Novianto mengungkapkan, ide film ini terinspirasi dari film Teguh Karya berjudul "Ibunda" yang mendorongnya menulis skenario bersama kawannya, Gunawan Raharja.

Film bertema keluarga ini dibuat untuk mengangkat lagi kebersamaan keluarga saling bertukar pikiran di meja makan yang sudah lama terlupakan oleh sebagian orang.

"Kebersamaan di meja makan ini yang mau diangkat, dari sisi ibu single mother," kata Herwin.

"Yang Tak Tergantikan" menceritakan tentang sosok seorang ibu bernama Aryati (Lulu Tobing) yang menjadi orang tua tunggal, harus menghidupi anak-anaknya. Aryati tetap menjaga keharmonisan keluarganya, meski keseharian banyak masalah yang dihadapi anak-anaknya yang beranjak remaja. Film yang akan tayang di Disney+Hotstar pada 15 Januari 2021 dibintangi juga oleh Dewa Dayana dan Maisha Kanna.


Baca juga: Tips membuat video untuk tugas sekolah

Baca juga: Anak ogah sekolah, ini saran Kak Seto

Baca juga: Tips memilih lembaga homeschooling

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021