Jakarta (ANTARA) - Dua tim Milan, AC Milan dan Inter Milan, yang menghuni dua posisi teratas klasemen Liga Italia tentu tidak ingin kembali tergelincir pada putaran ke-17 dan meraih tiga poin pun menjadi misi utama bagi kedua klub kota mode tersebut.

Pemuncak klasemen Milan pada pertandingan terakhirnya dijungkalkan juara bertahan Juventus dengan kekalahan 1-3. Kini, Milan memiliki kesempatan untuk menaklukkan tim kota Turin lainnya saat mereka menjamu Torino pada Sabtu (9/1) setempat atau Minggu dini hari WIB.

Di atas kertas, Torino yang terdampar di posisi ke-17 jelas bukan lawan sebanding bagi Milan. Namun performa Granata belakangan ini sedang membaik, mereka tidak terkalahkan dalam empat laga terakhirnya dan mampu keluar dari zona degradasi.

Baca juga: Juventus paksa Milan derita kekalahan perdana di Liga Italia musim ini

Tim posisi kedua Inter akan menghadapi lawan yang tidak enteng. Pasukan Antonio Conte yang pada pertandingan terakhirnya kalah 1-2 dari Sampdoria, akan melawat ke markas tim posisi ketiga AS Roma.

Roma berada dalam penampilan yang konsisten dalam beberapa laga terakhirnya, dengan catatan empat kemenangan dalam lima pertandingan. Moral mereka pun terjaga berkat kemenangan 3-1 atas Crotone yang membuat tim ibu kota itu tetap menempel dua tim teratas.

Dengan asumsi Milan mampu memenangi laga kontra Torino, maka pertandingan Roma melawan Inter akan berlangsung semakin sengit karena keduanya tentu tidak mau semakin tertinggal dari Rossonerri.

Baca juga: Inter tersungkur di Sampdoria, Conte merasa dicampakkan Dewi Fortuna

Setelah menang atas Milan, tim posisi keempat Juventus akan kembali menghadapi lawan berat, kali ini dalam diri tim posisi kelima Sassuolo.

Sassuolo merupakan tim yang menakutkan bagi tim-tim papan tengah dan papan bawah. Namun mereka kerap kesulitan saat bertemu tim papan atas, mereka hanya mampu imbang dengan Roma, dan kalah dari Inter, Milan, serta Atalanta.

Atalanta yang kini berada di posisi keenam dan terpaut sembilan poin dari Milan tidak ingin selisih tersebut melebar. Untuk itu, mereka mengincar kemenangan saat dijamu Benevento pada pertandingan pembukaan putaran ke-17.

Baca juga: Spezia bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 atas Napoli

Napoli yang "angin-anginan" pada musim ini berpeluang kembali ke jalur kemenangan saat mereka dijamu Udinese. Sedangkan Lazio akan berusaha tetap berada dalam persaingan merebut tiket kompetisi Eropa, dengan memperpanjang catatan kekalahan Parma.

Di papan bawah, baik Parma, Genoa, dan Crotone nampaknya masih akan kesulitan menghadapi lawan-lawannya dan masih harus bertahan di zona merah.

Selain Parma yang bertemu Lazio, Genoa akan menjamu Bologna yang memiliki catatan lima hasil imbang berturut-turut, dan Crotone di posisi juru kunci akan melawat ke markas Verona.

Baca juga: Benevento balikkan ketertinggalan untuk menang 2-1 di markas Cagliari

Jadwal pertandingan Liga Italia (waktu dalam WIB):

Sabtu (9/1) malam hingga Minggu (10/1) dini hari WIB

21.00 Benevento vs Atalanta

00.00 Genoa vs Bologna

02.45 AC Milan vs Torino

Minggu (10/1) malam hingga Senin (11/1) dini hari

18.30 AS Roma vs Inter Milan

21.00 Verona vs Crotone

21.00 Parma vs Lazio

21.00 Udinese vs Napoli

00.00 Fiorentina vs Cagliari

02.45 Juventus vs Sassuolo

Baca juga: Pirlo sebut Chiesa jadi kunci penting Juve dapat kalahkan Milan
Baca juga: Radja Nainggolan akui tidak senang dengan perlakuan Conte
Baca juga: Pioli minta Milan lupakan capaian 2020 dan jaga level antusiasme

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021