BI Banten optimistis vaksinasi jadi pendorong pertumbuhan ekonomi

BI Banten optimistis vaksinasi jadi pendorong pertumbuhan ekonomi

Kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Banten, Erwin Soerjadmadja meninjau perkebunan holtikultura binaan BI Banten di Desa Pamarayan Kecamatan Jiput Pandeglang, Jumat(8/1/2021). ANTARA/Mulyana

sektor prioritas lainya juga akan memberikan dampak cukup tinggi seperti di sektor industri pengelolaan, perdagangan dan teknik informasi yang menjadi pendorong.
Serang (ANTARA) - Kepala Bank Indonesia Perwakilan Banten, Erwin Soerjadmadja optimistis bahwa pelaksanaan vaksinasi COVID-19 akan menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khusunya di sektor ketahanan pangan dan usaha mikro, kecil dan menggah (UMKM) tahun 2021.

"Kalau menurut saya dan juga sejalan dengan arah Nasional kita perlu menekankan kepada pemanfaatan dari vaksin, itu merupakan syarat bagi keberlanjutan pembangunan ekonomi," kata Erwin di Serang, Jumat.

Selain vaksinasi yang diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional, dikatakan Erwin, sektor prioritas lainya juga akan memberikan dampak cukup tinggi seperti di sektor industri pengelolaan, perdagangan dan teknik informasi yang menjadi pendorong.

"Kedua adalah bagaimana kita melakukan percepatan dari APBD untuk pembiayaan dan mendorong konsumsi di masyarakat," kata Erwin usai menyerahkna aprtesiasi kepada Gapoktan Taruna Mekar di kecamatan Jiput Pandeglang, yang menjadi juara tiga tingkat nasional dalam perlombaan Program Pengendalian Inflasi Bank Indonesia Subsektor Hortikultura
Baca juga: Wagub Banten optimistis ekonomi pulih kembali di masa pandemi
Baca juga: Banten 202I fokus perbaikan ekonomi dampak COVID-19 pada 2021


Sebagai langkah mempercepat pertumbuhan ekonomi itu, maka pihaknya mengajak kepada Pemerintah daerah agar bisa memanfaatkan program digitalisasi baik dari sisi produksi maupun dari pemberdayaannya.

"Kalau di Banten ini yang masih lemah dan perlu diperkuat dari sisi kontribusi sektor pertanian dan UMKM harus tetap optimal, karen itu merupakan bahan kita untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Kemudian ia meyakini jika proses vakainasi pada pekan kedua yang dilakukan disejumlah daerah ini akan memicu terhadapt perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia khusunya di wilayah Banten.

"Saat ini vaksin masih proses pendistribusian tentunya kita atau saya melihat langkah pemprov dan kabupaten/kota sudah baik. Banten bagus di sisi industri pengolahan," kata dia.
Baca juga: Gubernur: 19 tahun Banten ekonomi dan pendapatan terus meningkat

Pewarta: Mulyana
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BI dan Pemkab Pandeglang jalin kerja sama pengembangan ekonomi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar