Jakarta (ANTARA) - Pebalap Spanyol Joan Barreda sekali lagi membuktikan kecepatannya dengan menjuarai etape 6 Reli Dakar di Ha'il, Arab Saudi, Jumat.

Sang pebalap Honda menjuarai Spesial Stage (SS) untuk ketiga kalinya di Reli Dakar tahun ini dengan finis 13 detik lebih cepat dari pebalap Yamaha Ross Branch dan 53 detik di depan Daniel Sanders dari KTM, demikian laman resmi Dakar.

Para pebalap di etape 6 melibas trek yang 100 persen berpasir sejauh 618 km dari Al Qaisumah ke Ha'il dengan Special Stage sepanjang 448 km.

Namun, karena cukup banyak peserta yang kesulitan finis pada etape 5, penyelenggara memutuskan menunda start para pebalap dari bivouac di Al Qaisumah satu jam 30 menit lebih larut dari jadwal mula sehingga jarak SS hari ini dipotong 100 km untuk mengurangi kesulitan para peserta.

Barreda menyelesaikan SS hari ini dalam waktu tiga jam 45 menit 27 detik untuk membawanya naik dua posisi ke peringkat tujuh klasemen sementara di belakang pebalap KTM Sam Sunderland, namun catatan waktunya masih terpaut enam menit 25 detik di belakang pemuncak klasemen Toby Price dari tim KTM.

Price, yang mengincar titel Dakar ketiganya, merasa diuntungkan dengan pemotongan jarak hari ini hingga finis peringkat tujuh atau nyaris enam menit lebih cepat dari Kevin Benavides dan menggusur sang pebalap Honda ke peringkat dua klasemen dengan margin dua menit 16 detik.

Baca juga: De Villiers juarai etape 5, Peterhansel jaga jarak di puncak klasemen

Benavides menyelesaikan SS hampir 10 menit lebih larut dari juara etape, kehilangan cukup banyak waktu setelah mengalami cedera tumit dan hidung karena kecelakaan pada hari kelima.

Pebalap Honda lainnya Jose Cornejo Florimo bertahan di peringkat tiga, menjaga jaraknya dua menit 57 detik dari pemuncak klasemen.

"Hari ini mereka memotong etape sepanjang 100km yang cukup membantu, kecepatannya luar biasa. Peringkat ketujuh etape dan memimpin secara umum," kata Price di Twitter.

"Kami dalam pertarungan dan apapun bisa terjadi, jalan masih panjang."

Sementara itu juara bertahan Ricky Brabec dari tim Honda menikmati penampilan terbaiknya sejauh ini dan finis keempat untuk Honda, meskipun sempat kehilangan tiga menit karena masalah navigasi.

Brabec membawa dirinya naik satu posisi ke peringkat 14 sehingga memangkas jaraknya menjadi 19 menit 56 detik dari Price.

Para pebalap akan beristirahat di Ha'il untuk jeda satu hari pada Sabtu sebelum melanjutkan etape 7 yang merupakan sesi pertama etape maraton hari berikutnya yang menempuh rute sejauh 738 km dari Ha'il ke Sakaka dengan Special Stage sepanjang 471 km.

Baca juga: Benavides rebut pucuk klasemen setelah juarai etape 5

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021