Pengamat: Politik lingkungan PDIP perlu ditiru parpol lain

Pengamat: Politik lingkungan PDIP perlu ditiru parpol lain

Dokumentasi - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengangkat tangan saat berpidato pada acara HUT ke-45 PDI Perjuangan di JCC, Jakarta, Rabu (10/1/2018). ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/aww/aa.

Jakarta (ANTARA) -
Pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI) Eko Sakapurnama menyebutkan politik lingkungan yang menjadi perhatian PDI Perjuangan saat ini perlu ditiru parpol lain.
 
"Langkah PDI Perjuangan yang berkomitmen dalam menerapkan politik lingkungan patut diapresiasi. Langkah PDIP melalui hari jadinya dengan tema Cinta Ciliwung Bersih perlu diikuti oleh partai politik lainnya," kata Eko, di Jakarta, Jumat.
 
PDI Perjuangan, lanjut dia, sebagai partai politik sudah melakukan terobosan dengan tema yang sebenarnya harus dipikirkan matang-matang oleh seluruh pemangku kepentingan bangsa ini.

Baca juga: Sambut HUT Ke-48, PDIP ajak masyarakat peduli lingkungan
 
Dia menilai fokus PDI Perjuangan ini sangat penting bagi kelanjutan bangsa dan generasi selanjutnya.
 
"Saat ini bumi kita telah dieksploitasi lebih cepat daripada bumi merestorasi lingkungannya. Telah terjadi 'ecological divide'," kata dia.
 
Ke depan, lanjut dia, harus mendorong pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals, red) atau pembangunan berkelanjutan.
 
"Upaya mencapai 'goals' ini bukan cuma tugas pemerintah. Jadi kalau parpol juga berinisiasi untuk pencapaian SDGs, sangat bagus," katanya.
 
PDI Perjuangan merupakan partai politik besar yang memiliki kekuatan di legislatif dan eksekutif, termasuk Presiden Joko Widodo sebagai kader.

Baca juga: Megawati: Semangat pejuang Kalpataru jaga alam harus ditiru
 
Oleh karena itu, peneliti Center For Innovation and Governance (Cigo) FIA UI ini mengharapkan kebijakan prolingkungan hidup ini bisa menjadi terapan untuk mereka yang memiliki kewenangan di pemerintahan maupun di dewan.
 
"Kemungkinan akan banyak mendorong 'green policy' yang mendukung keseimbangan lingkungan dengan sosial-ekonomi manusia," kata Eko.
 
Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan HUT ke-48 partainya mengangkat salah satu subtema Cinta Ciliwung Bersih, yang merupakan kelanjutan program Merawat Bumi.
 
HUT ini akan dilakukan bersama dengan gerakan penghijauan serentak dan sekaligus gerakan membersihkan sungai se-nasional pada Minggu (10/1).

Baca juga: Rayakan HUT Ke-48, PDIP akan gelar atraksi budaya
 
Hasto pun memastikan acara yang dilakukan serentak ini menjaga kedisiplinan protokol kesehatan COVID-19.
 
"Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo selalu mengingatkan seluruh rakyat Indonesia disiplin menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pengamat sebut relaksasi PPnBM lebih efektif saat pandemi melandai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar