Polisi bubarkan balap liar di Jaktim dengan letusan tembakan

Polisi bubarkan balap liar di Jaktim dengan letusan tembakan

Tim Rajawali Polrestro Jakarta Timur menyita salah satu unit kendaraan sepeda motor dari salah satu remaja di lokasi balap liar Jalan Kolonel Sugiono, Duren Sawit, Jumat (8/12/2021). (ANTARA/HO-Tim Rajawali).

polisi menyita dua unit sepeda motor tanpa dilengkapi dengan surat-surat izin dari otoritas terkait
Jakarta (ANTARA) - Tim Satuan Gerak Cepat Rajawali Polrestro Jakarta Timur melepaskan tembakan ke udara untuk membubarkan kerumunan pembalap liar sepeda motor di Jalan Kolonel Sugiono, Duren Sawit, Jumat malam.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB saat tim kepolisian yang dipimpin oleh Aiptu Maryono melakukan patroli rutin di lokasi tersebut.

Saat kedatangan petugas, puluhan peserta dan penonton balap liar langsung berhamburan melarikan diri.

Baca juga: Polda Metro Jaya gencar bubarkan balap lari liar

Tidak lama berselang sejumlah polisi melepas beberapa kali tembakan ke udara untuk membubarkan secara paksa kerumunan tersebut.

"Pada saat Tim Rajawali melintas di Jalan Kolonel Sugiono, kita melihat ada remaja yang melakukan balapan liar, kemudian kita bubarkan. Setelah itu kita imbau adanya bahaya COVID-19," kata Kepala Tim 1 Rajawali Polrestro Jakarta Timur Aiptu Maryono di Jakarta.

Dalam peristiwa itu polisi menyita dua unit sepeda motor tanpa dilengkapi dengan surat-surat izin dari otoritas terkait, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) C.

Baca juga: Ditlantas Polda Metro Jaya tindak 20 pebalap liar

Terhadap pengguna motor tersebut polisi meminta mereka pulang untuk mengambil kelengkapan surat. Sementara sepeda motor di sita di Mapolrestro Jaktim sebagai barang bukti.

"Jalan Kolonel Sugiono ini memang sering kali ada balapan liar, termasuk di Taman Mini, hanya karena tadi kita melintas di Kolonel Sugiono kita mendapati mereka sedang melakukan balapan liar," katanya.

Salah satu remaja yang ditangkap, Nabil (21), mengaku tidak melakukan balapan liar. Warga Duren Sawit, Jakarta Timur, itu sedang mencoba motornya karena baru selesai direparasi.

"Baru pindahan ke sini. Saya enggak balapan, cuma ngetes biasa aja. Habis bongkar motor tadi," katanya.

Baca juga: Pebalap liar di Senayan kini beraksi di hari kerja

Ruas Jalan Kolonel Sugiono merupakan salah satu dari delapan lokasi balap liar yang kerap dimanfaatkan oknum pengendara sepeda motor sebagai ajang taruhan.

Lokasi lainnya di Jakarta Timur yang juga kerap dijadikan tempat balap liar di antaranya Jalan I Gusti Ngurah Rai Klender,
Jalan Pemuda Pulogadung, Jalan Matraman Raya, Depan Kantor Wali Kota hingga Perum Eramas 2000.

Selain itu ada pula di depan Masjid At-Tien TMII, Jalan Raya Cibubur Cimanggis, Kawasan Setu Jatiwarna Cipayung dan di
sepanjang Jalan Kalimalang.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polisi bubarkan balapan liar di Kendari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar