Kemarin, lava pijar Gunung Merapi hingga kehalalan vaksin Sinovac

Kemarin, lava pijar Gunung Merapi hingga kehalalan vaksin Sinovac

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Fatwa dan Urusan Halal, Asrorun Niam Sholeh, dalam jumpa pers daring Sidang Komisi Fatwa MUI yang dipantau dari Jakarta, Jumat (8/1/2021). ANTARA/HO-MUI/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pembaca kemarin mulai dari Gunung Merapi yang 10 kali keluarkan lava pijar hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebut vaksin COVID-19 produksi Sinovac China berasal dari bahan yang halal dan suci.

1. Guguran lava pijar Gunung Merapi keluar 10 kali Kamis malam

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan 10 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 800 meter pada Kamis (7/1) malam.

"Guguran lava pijar yang teramati pada periode pengamatan pukul 18.00 WIB hingga 24.00 WIB itu meluncur ke arah Kali Krasak," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Jumat (8/1).

2. MUI sebut vaksin Sinovac suci dan halal meski belum tetapkan fatwa

Sidang Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia belum menetapkan fatwa utuh untuk vaksin COVID-19 produksi Sinovac tetapi menyebut antivirus dari China itu terdiri dari materi yang suci dan halal.

"Fatwa utuhnya akan disampaikan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan menyampaikan mengenai aspek keamanan vaksin digunakan," kata Ketua MUI bidang Fatwa dan Urusan Halal, Asrorun Niam Sholeh, dalam jumpa pers daring Sidang Komisi Fatwa MUI yang diikuti dari Jakarta, Jumat (8/1).

3. Wali Kota Bandung positif COVID-19

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengabarkan dirinya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 dengan status orang tanpa gejala.

"Saya menginformasikan bahwa saat ini saya positif terpapar virus corona, dengan kategori tanpa gejala," kata Oded dalam keterangannya di unggahan akun media sosial Humas Kota Bandung, Jumat (8/1).

4. Wamen BUMN sambut rencana pembangunan pabrik paracetamol

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Nugraha Mansury menyambut baik dan mengapresiasi rencana Kimia Farma (KAEF) dan Pertamina melalui salah satu anak perusahaannya, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI), untuk membangun pabrik farmasi paracetamol dengan kapasitas 3800 ton per annum (TPA) dari turunan produk petrokimia yaitu benzene.

"Hingga hari ini, kita ketahui bersama dan kita sama-sama belajar bahwa di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini, kesehatan menjadi modal utama yang tidak terpisahkan dalam rangka memulihkan ekonomi nasional. Namun, yang harus kita ketahui bersama juga, hingga hari ini kebutuhan akan bahan baku obat (BBO) masih impor sekitar 95 persen,” kata Pahala melalui keterangan pers Kimia Farma yang diperoleh ANTARA, Jakarta, Jumat (8/1).

5. Kemensos perbaiki skema distribusi bansos 2021

Kementerian Sosial RI memperbaiki skema distribusi bantuan sosial tahun 2021 untuk memastikan bantuan diterima utuh sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

"Kita evaluasi, laporan dari bank dan kantor pos berupa sidik jari, tanda tangan dan foto penerima bantuan, kalau dulu tidak ada fotonya," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini di Balai Rehabilitasi Sosial Pangudi Luhur Bekasi, Jumat (8/1). (T.D018)

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Terima vaksin kedua, Presiden kembali pastikan vaksin Sinovac halal dan aman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar