Pemkab Raja Ampat survei kepuasan kunjungan wisatawan secara online

Pemkab Raja Ampat survei kepuasan kunjungan wisatawan secara online

Destinasi wisata Pulau Rufas Raja Ampat. ANTARA/Ernes Kakisina.

Sorong (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat terus melakukan inovasi pelayanan kunjungan wisatawan berbasis online guna pencegahan penyebaran COVID-19 salah satunya melalui survei kepuasan.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di Waisai, Sabtu, mengangkat bahwa salah satu inovasi pelayanan yang dilakukan pada masa pandemi COVID-19 adalah survei kepuasan kunjungan wisatawan secara online.

Menurut dia, pelayanan ini sebelumnya dilakukan secara manual pada pos pelayanan UPTD Pariwisata sekarang bisa dikatakan secara online guna pencegahan COVID-19.

Baca juga: ASITA: Bisnis perjalanan wisata masih terpuruk

Para operator wisata di Raja Ampat hanya butuh waktu dua menit untuk mengisi formulir survei tingkat kepuasan wisatawan secara online yang disiapkan oleh dinas.

Dikatakan bahwa Raja Ampat di masa pandemi COVID-19 banyak dikunjungi wisatawan domestik yang berlibur. Sejak September destinasi sudah ramai hingga puncaknya Desember 2020.

Karena itu, kata dia, seluruh operator wisata baik kapal wisata, travel, dan penginapan di Raja Ampat diharapkan mengisi formulir survei kepuasan kunjungan secara online.

Ia menyampaikan bahwa hal ini penting agar pemerintah daerah mendapat data kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat.

"Dengan demikian pemerintah daerah mendapat data kepuasan wisatawan sebagai bahan evaluasi guna perbaikan pelayanan yang lebih baik," tambah dia.

Baca juga: Pemkot Batu izinkan tempat wisata beroperasi saat PPKM
Baca juga: Menteri Trenggono-Sandiaga siap sinergi dukung pariwisata RI bangkit

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bibit siklon tropis di utara Papua, masyarakat diminta waspada

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar