Sepekan DKI, belajar dari rumah hingga pengawasan WFO 25 persen

Sepekan DKI, belajar dari rumah hingga pengawasan WFO 25 persen

Suasana lokasi pemakaman COVID-19 TPU Pondok Ranggon di Jakarta, Jumat (2/10/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperluas lahan untuk pemakaman jenazah bagi yang meninggal dunia karena terkait COVID-19 di TPU Pondok Ranggon. Perluasan dilakukan selama dua bulan dan dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pertama, Dinas Bina Marga DKI membuka lahan sekitar 7.141 meter persegi. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Jakarta (ANTARA) - Dalam satu pekan terakhir (2-8 Januari 2021) berbagai perkembangan terjadi di Ibu Kota, mulai dari keputusan belajar dari rumah, bansos non sembako hingga DKI Jakarta melibatkan TNI-Polri untuk mengawasi jumlah orang yanb bekerja di kantor atau "work from office" (WFO) maksimal 25 persen.

Berikut Redaksi Metropolitan ANTARA rangkumkan berita sepekan yang bisa Anda simak.

1. Pemprov DKI tetap berlakukan belajar dari rumah tahun ajaran 2020/2021

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap memberlakukan belajar dari rumah untuk seluruh sekolah di Ibu Kota pada semester genap Tahun Ajaran (TA) 2020/2021.

"Pembelajaran tatap muka belum dapat dilaksanakan, sehingga seluruh sekolah di DKI Jakarta tetap melanjutkan pembelajaran dari rumah," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana dalam keterangan tertulis yang disiarkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) DKI Jakarta, Sabtu.
Selengkapnya di sini.

2. PSBB transisi DKI Jakarta diperpanjang hingga 17 Januari 2021

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memperpanjang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi sejak 4 hingga 17 Januari 2021.

Kebijakan perpanjangan PSBB transisi ini tertuang melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1295 Tahun 2020 yang salinannya diterima Antara di Jakarta, Minggu. Perpanjangan itu dilakukan untuk menekan penambahan kasus, usai libur Natal dan Tahun Baru 2021.
Selengkapnya di sini.

3. Ada anggota Dewan positif COVID-19, Gedung DPRD DKI tutup dua pekan

Jakarta (ANTARA) - Gedung DPRP DKI Jakarta ditutup sementara selama dua pekan mulai Senin akibat ada PNS di Sekretariat DPRD DKI dan beberapa anggota Dewan terpapar positif COVID-19.

"Iya ada yang kena beberapa orang, makanya diputuskan untuk ditutup dulu sampai 15 Januari 2021," kata Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono saat dihubungi di Jakarta, Senin.
Selengkapnya di sini.

4. Dinsos DKI sebut mulai 2021 tidak ada bantuan sembako

Jakarta (ANTARA) - Dinas Sosial DKI Jakarta menerangkan bahwa khusus bagi warga Jabodetabek yang semula menerima bantuan sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako), mulai 2021 tidak akan lagi menerima bantuan yang sama dan diganti dengan Bantuan Sosial Tunai (BST).

"Setiap penerima bantuan sosial tunai akan mendapatkan uang sebesar Rp300.000 yang diberikan selama empat bulan berturut-turut, terhitung sejak Januari hingga April 2021," ucap Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Irmansyah di Jakarta, Senin.
Selengkapnya di sini.

5. Denda Rp5 juta bagi warga DKI tolak vaksinasi COVID-19

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan masyarakat di Ibu Kota yang menolak vaksinasi COVID-19 akan didenda Rp5 juta.

"Pemerintah memiliki UU Kesehatan, Kekarantinaan, kemudian ada PSBB yang jadi landasan kami untuk berbagai sikap dan kebijakan termasuk Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang penanganan COVID-19," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Rabu.
Selengkapnya di sini.
 
Sejumlah warga menggunakan cairan pembersih tangan saat antre untuk berolahraga di bagian luar Stadion Utama, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (22/11/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj. 
6. PSBB di Jakarta disesuaikan dengan PPKM Jawa-Bali

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan PSBB di Jakarta disesuaikan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali yang dijalankan oleh pemerintah pusat pada 11-25 Januari 2021.

"Awalnya kami mengusulkan kebijakan sama dan periodesasi disamakan di beberapa daerah, Alhamdulillah dengan adanya kebijakan ini, kami sesuaikan dengan cepat dan hari ini dikeluarkan pergubnya," kata Riza dalam diskusi "Implementasi PPKM Jawa-Bali: Kesiapan Pemerintah Banten dan DKI Jakarta" di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis.
Selengkapnya di sini.

7. Jumlah kasus positif COVID-19 Jakarta capai 200.658 pada Jumat

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat kasus positif COVID-19 di Jakarta pada Jumat (8/1) mencapai 200.658 setelah adanya pertambahan sebanyak 2.959 orang dari jumlah sebelumnya 197.699 kasus, yang merupakan penambahan terbanyak selama pandemi.

Berdasarkan data dari laman corona.jakarta.go.id, Jumat, menunjukkan penambahan 2.959 kasus itu, merupakan hasil dari pemeriksaan gabungan antara pemeriksaan usap (swab test PCR) pada Kamis (7/1) dengan jumlah 2.204 kasus positif dan sebanyak 755 kasus lainnya berasal dari dua laboratorium swasta dan satu lab RS BUMN tujuh hari terakhir yang baru dilaporkan.
Selengkapnya di sini.

8. Pemprov DKI sebut kuburan di Pondok Ranggon-Tegal Alur masih tersedia

Jakarta (ANTARA) - Menyusul banyaknya kasus kematian akibat COVID-19 di Jakarta, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta menyebutkan petak kuburan di tempat pemakaman umum Pondok Ranggon, Jakarta Timur, dan Tegal Alur, Jakarta Barat, masih tersedia.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan saat ini petak makam jenazah COVID-19 di Tega Alur masih tersisa 400 lubang di blok pemakaman muslim dan non muslim.
Selengkapnya di sini.

9. Ingat, DKI libatkan TNI-Polri awasi pembatasan "WFO" 25 persen

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya melibatkan Polri dan TNI untuk mengawasi pembatasan jumlah orang bekerja di kantor atau "work from office" (WFO) maksimal 25 persen dari total karyawan.

Pengawasan bersama TNI-Polri tersebut, kata Riza, akan dilakukan secara intensif saat penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali diberlakukan mulai 11-25 Januari 2021.
Selengkapnya di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

17,5 ha lahan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai sepekan terbakar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar