Pompeo dan calon menlu kabinet Biden bahas transisi kekuasaan

Pompeo dan calon menlu kabinet Biden bahas transisi kekuasaan

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Pompeo mengenakan masker saat hadir dalam dialog dengan GP Ansor di Jakarta, Kamis (29/10/2020). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Pertemuan kami sangat produktif, dan kami akan terus bekerja sama atas nama Amerika selama masa transisi
Washington (ANTARA) - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bertemu dengan Antony Blinken, calon diplomat utama Presiden terpilih Joe Biden, pada Jumat untuk memfasilitasi transisi kekuasaan, hanya beberapa hari setelah pendukung Presiden Donald Trump merangsek gedung Capitol dalam upaya untuk membalikkan kekalahan pemilihannya.

Pompeo di Twitter mengatakan dia bertemu dengan Blinken "untuk memfasilitasi transisi yang tertib, dan untuk memastikan kepentingan Amerika dilindungi di luar negeri." Tidak jelas apakah pertemuan yang berlangsung kurang dari dua minggu sebelum pelantikan Biden itu dilakukan secara langsung atau virtual.

"Pertemuan kami sangat produktif, dan kami akan terus bekerja sama atas nama Amerika selama masa transisi," kata Pompeo.

Trump telah mendesak ribuan pengikutnya untuk berbondong-bondong ke Capitol saat Kongres bertemu pada Rabu untuk mengonfirmasi hasil pemilu 3 November. Itu menyebabkan kekacauan ketika para pendukungnya menerobos gedung, mengakibatkan anggota parlemen bersembunyi, dan seorang petugas polisi serta empat lainnya tewas.

Dalam sebuah video pada Kamis, Trump semakin mengakui kekalahannya dalam pemilihan November dan menjanjikan transisi yang "mulus" setelah berminggu-minggu secara salah mengklaim bahwa kemenangan Biden adalah penipuan.

Setelah penundaan awal, pemerintahan Trump pada November membuka jalan bagi Biden untuk bertransisi ke Gedung Putih, memberinya akses ke pengarahan dan pendanaan bahkan ketika Trump terus memperjuangkan (untuk membalikkan) hasil pemilu.

Namun pejabat transisi Biden mengatakan mereka masih menghadapi perlawanan dari beberapa kelompok di pemerintahan Trump.

"Kami telah melihat beberapa penyambutan tapi masih ada 'yang menolak, maksud saya' di tempat-tempat seperti Departemen Pertahanan, OMB (Kantor Manajemen dan Anggaran), tempat-tempat lain di mana kami memiliki keprihatinan, dan kami merasa ada lebih banyak kerja sama yang akan bermanfaat untuk transfer kekuasaan secara damai, " kata Jen Psaki, seorang ajudan transisi, dalam panggilan telepon dengan wartawan pada Jumat.

Blinken pada 17 Desember melakukan kunjungan pertamanya ke Departemen Luar Negeri sejak pemilihan, mengambil bagian dalam pertemuan dan pengarahan dalam persiapan untuk mengambil alih sebagai menteri luar negeri. Pompeo saat itu dikarantina setelah melakukan kontak dengan seseorang yang terbukti positif COVID-19.

Sumber: Reuters

Baca juga: Biden berencana percepat pelepasan vaksin COVID-19 ke negara bagian


Baca juga: Kim Jong Un: AS tetap musuh terbesar Korut meski berganti presiden

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden Jokowi ingin Amerika hargai kepentingan negara Muslim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar