Jakarta (ANTARA) - Musisi Gilang Ramadhan mengapresiasi penulis Zulfikar Fuad yang melanjutkan perjuangan mendiang ayahnya, Ramadhan K.H. (RKH) dengan mengabadikan dan menyebarluaskan proses kreatifnya dalam menulis biografi, melalui "Biography, a Lasting Legacy".

Baca juga: Krakatau reuni di Java Jazz 2014

Suami selebritas Shahnaz Natashya Haque itu mengenang ayahnya sebagai sastrawan pejuang yang mengabdikan diri untuk bangsa dan negara Indonesia dan untuk kemanusiaan melalui karya sastra dan biografi.

"Saya sangat appreciate atas hadirnya buku 'Biography, a Lasting Legacy: Rahasia Maestro Biografi Ramadhan K.H. Menulis Biografi yang Memikat dan Menyejarah' sebagai Warisan Abadi. Buku ini bukan saja berisi panduan menulis biografi ala Ramadhan K.H., lebih dari itu mendokumentasikan prinsip dan nilai-nilai kemanusiaan yang dipegang teguh dan ditampilkan ayah saya dalam setiap karya biografinya," ujar Gilang dalam siaran persnya, ditulis Sabtu.

Gilang berterima kasih pada Zulfikar dan penerbit PT Gramedia Pustaka Utama karena menurut dia tidak mudah mengingat dan mengabadikan proses kreatif RKH menulis biografi dalam sebuah buku.

Zulfikar mengemukakan, sebanyak 50 persen dari royalti penjualan buku akan didedikasikan untuk pendirian dan pengembangan Ramadhan K.H. Library yang digagas Gilang Ramadhan.

"Ayahanda Mas Gilang Ramadhan, yakni almarhum Bapak Ramadhan K.H., maestro biografi dan sejarawan, adalah mahaguru yang sudah saya anggap seperti ayah kandung," kata dia.

"Sepanjang 2002-2004 saya belajar intensif menulis biografi kepada beliau dan mendampingi beliau di berbagai acara. Sebagai muridnya saya terpanggil untuk mendukung rencana Mas Gilang Ramadhan untuk mendirikan dan mengembangkan Ramadhan K.H. Library," imbuh dia.

Gilang menambahkan, perpustakaan publik dengan koleksi mahakarya RKH beserta dokumen dan benda-benda bersejarah milik RKH, Ramadhan K.H. Library juga akan dikembangkan sebagai wahana berkebudayaan, yang diisi dengan kegiatan berkesenian, kesusastraaan dan kepenulisan, untuk mewariskan semangat RKH dalam berkarya.

Buku "Biography, A Lasting Legacy", baik edisi cetak maupun digital, saat ini sudah bisa didapatkan di berbagai toko buku.


Baca juga: Makna Idul Adha bagi Shahnaz Haque

Baca juga: Gilang Ramadhan bangun museum lestarikan tetabuhan indonesia

Baca juga: Gilang Ramadhan antre beli tiket final badminton Asian Games 2018

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021