Megawati pilih bunga Lotus untuk gerakan cinta Ciliwung bersih

Megawati pilih bunga Lotus untuk gerakan cinta Ciliwung bersih

Ilustrasi - Foto dari udara ini menunjukkan warga desa yang sedang mendayung ember untuk memanen bunga dan biji teratai (lotus). ANTARA/XINHUA/Xu Yu/aa.

Ibu ketua umum selalu mengingatkan agar kita harus memiliki kesadaran terhadap lingkungan
Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memilih bunga lotus sebagai logo gerakan cinta Ciliwung bersih oleh partai tersebut.
 
"Ibu Megawati memilih bunga lotus sebagai logo gerakan penghijauan ini. Apa maksudnya dibalik pemilihan itu, besok (Minggu pagi) akan dijelaskan oleh Ibu Megawati," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di Jakarta Sabtu.
 
PDI Perjuangan menggelar gerakan penghijauan dan gerakan membersihkan sungai yang dipusatkan di Sungai Ciliwung dengan tema "Cinta Ciliwung Bersih" sebagai salah satu bentuk peringatan HUT Ke-48 dan atas kesadaran terhadap kelestarian lingkungan.
 
Kegiatan yang melibatkan anggota dan kader partai itu akan digelar pada Minggu, 10 Januari 2021 sejak pukul 09.00 WIB sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.
 
Kegiatan diawali dengan pidato Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri. Selanjutnya, Sekjen PDI Perjuangan bersama pengurus DPP dan pengurus partai sepanjang daerah aliran Sungai Ciliwung akan melakukan penanaman pohon dan membersihkan sungai secara serentak di sejumlah wilayah.
 
Menurut Hasto, peringatan ulang tahun PDI Perjuangan juga bertepatan dengan Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia.

Baca juga: Pakar apresiasi PDIP angkat Ciliwung Bersih dalam HUT ke-48

Baca juga: Pengamat: Politik lingkungan PDIP perlu ditiru parpol lain
 
"Ibu ketua umum selalu mengingatkan agar kita harus memiliki kesadaran terhadap lingkungan," ucap-nya.
 
Meskipun pihaknya sadari tema itu terasa berat dan mungkin tidak menarik untuk diperbincangkan namun sebenarnya tema lingkungan sangatlah penting dan mendasar.
 
"Apalagi sejumlah instansi terkait melaporkan banyak sungai di Indonesia yang tercemar," kata Hasto.
 
PDI Perjuangan berharap tema itu memberi inspirasi bahwa berpolitik itu bukan hanya persoalan kekuasaan semata, tapi juga menyentuh aspek kehidupan yang paling mendasar, seperti menjaga lingkungan.
 
"Ibu Megawati pun menegaskan hal ini saat berdialog dengan penerima Kalpataru kemarin," ucap-nya
 
Kepala Sekretariat DPP PDIP Aryo Adhi Dharmo mengatakan pengurus pusat partai ikut hadir secara langsung dan tersebar di berbagai lokasi.
 
"Untuk wilayah Kabupaten Bogor, yang dilaksanakan di beberapa desa dihadiri oleh Mindo Sianipar, Rudyanto Tjen, Rokhmin Dahuri, Sadarestuwati, dan Eriko Sotarduga," ujar Adhi.

Lalu untuk Kota Bogor, di dua kelurahan dihadiri oleh Komarudin Watubun dan Bambang Wuryanto.Untuk Kabupaten Tangerang di Kelurahan Dadap dihadiri oleh Yasonna H Laoly.
 
"Selanjutnya untuk Kota Depok digelar di enam kelurahan yang diikuti oleh Wiryanti Sukamdani, Arif Wibowo, Sukur Nababan, Sri Rahayu, Utut Adianto dan Djarot Saiful Hidayat," lanjut Adhi.
 
Sementara untuk wilayah DKI Jakarta, dilaksanakan pada empat kelurahan yang dihadiri oleh Tri Rismaharini, Ribka Tjiptaning, Ahmad Basarah, dan Nusyirwan Soejono.

Baca juga: Megawati: Semangat pejuang Kalpataru jaga alam harus ditiru

Baca juga: Sambut HUT Ke-48, PDIP ajak masyarakat peduli lingkungan

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PDIP Bali tabur bunga ke laut untuk 53 awak KRI Nanggala

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar