Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui website https://penerimaan.polri.go.id/
Manado (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) mengajak generasi muda di daerah ini untuk mengikuti seleksi Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun Anggaran 2021.

Kepala Bidang Humas Polda Sulut Jules Abraham Abast, di Manado, Sabtu, mengajak putra-putri Indonesia lulusan sarjana khususnya yang ada di Sulut untuk mendaftarkan diri menjadi peserta seleksi SIPSS.

"Penerimaan Polri ini gratis atau tidak dipungut biaya, silakan yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri. Lulusan SIPSS akan menjadi anggota Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua," katanya.

Ia mengatakan saat ini Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali membuka kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk menjadi anggota Polri melalui jalur SIPSS TA 2021.

Pendaftaran sudah dibuka sejak 7 hingga 24 Januari 2021 melalui website Polri https://penerimaan.polri.go.id/.

Pendaftaran dan seleksi diselenggarakan oleh seluruh polda sebagai Panitia Daerah (Panda) dan seleksi tingkat pusat oleh Mabes Polri sebagai Panitia Pusat.

Peserta yang mendaftar nantinya akan mengikuti beberapa tahapan seleksi, yaitu pemeriksaan administrasi awal, uji kompetensi keahlian aspek pengetahuan, pemeriksaan kesehatan tahap I, tes psikologi, pemeriksaan kesehatan tahap II, penelusuran mental dan kepribadian, dan pemeriksaan administrasi akhir.

Pendaftaran dibuka bagi peserta berijazah S1 atau S1 profesi di bidang Kedokteran Umum (profesi), Kedokteran Gigi (profesi), Psikologi, Biologi (murni), Teknik Informatika (programming), Teknik Informatika (jaringan), Sistem Informasi (database), Hubungan Internasional, Desain Komunikasi Visual/Desain Grafis, Teknik Penerbangan, Teknik Elektro (Arus Lemah), Teknik Metalurgi, Sastra China, Sastra Prancis/Spanyol, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Kurikulum, Farmasi, Apoteker (profesi), Ilmu Komunikasi (Public Relation), Ilmu Komunikasi (Jurnalistik).

Kemudian ada Perpajakan semua Prodi + Sertifikat CPL IR Fyling School, Ahli Nautika Tk III (wajib memiliki ijazah Ahli Nautika Tk III dari Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub RI), Ahli Teknika Tk III (wajib memiliki ijazah Ahli Teknika Tk III dari Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub RI), Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Pelabuhan.

Sedangkan untuk Prodi Kedokteran, Dokter Umum, dan Dokter Gigi wajib mempunyai Surat Tanda Selesai Internsip (STSI) dan Surat Tanda Registrasi (STR) definitif.

"Untuk informasi lebih lengkap dapat diakses melalui website https://penerimaan.polri.go.id/," katanya pula.
Baca juga: Kapolda Sulut melepas dua SSK Brimob BKO Polda Metro Jaya

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021