Liga Jerman

Dua gol Haaland bantu Dortmund menang 3-1 atas Leipzig

Dua gol Haaland bantu Dortmund menang 3-1 atas Leipzig

Para pemain Borussia Dortmund Erling Braut Haaland (tengah) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang RB Leipzig dalam pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Red Bull Arena, Leipzig, Sabtu (9/1/2021). (ANTARA/AFP/RONNY HARTMANN)

Jakarta (ANTARA) - Erling Haaland mengukir dua gol untuk membantu Borussia Dortmund menang 3-1 atas RB Leipzig, dalam pertandingan Liga Jerman putaran ke-15 yang dimainkan di Red Bull Arena, Leipzig, Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Perolehan tiga poin itu membawa Dortmund naik satu strip untuk menghuni posisi kelima dengan koleksi 25 poin, sedangkan Leipzig gagal merebut pucuk klasemen dan masih tertahan di posisi kedua dengan 31 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Kedua tim memulai permainan dengan kecepatan tinggi, namun tidak banyak peluang bagus tercipta pada babak kedua. Leipzig sedikit lebih dominan atas tamunya, dan akhirnya memiliki peluang melalui tembakan Marcel Halstenberg yang masih dapat diblok.

Baca juga: CEO Dortmund klaim Haaland akan bertahan satu musim lagi

Pada babak kedua permainan berlangsung semakin terbuka, dan Dortmund secara bertahap mulai mengambil kendali permainan. Marco Reus memaksa kiper Peter Gulacsi melakukan penyelamatan saat Dortmund melancarkan serangan balik, yang seolah menjadi tanda bahwa gol akan segera tercipta.

Dortmund kemudian kembali mendapat peluang bagus saat Haaland melepaskan tembakan yang diblok, dan kemudian sepakannya membentur mistar gawang. Mereka kemudian memecah kebuntuan pada menit ke-55, ketika Haaland mengirim umpan silang dari kanan yang diteruskan sepakan tumit Reus untuk disambar Jadon Sancho menjadi gol pembukaan.

Sancho berubah peran menjadi pemberi assist pada gol kedua Dortmund yang tercipta pada menit ke-71. Umpan silang pemain Inggris itu dapat disambut tandukan Haaland untuk mengemas gol kedua Dortmund.

Haaland mengemas gol keduanya sekaligus gol ketiga Dortmund pada menit ke-84. Penyerang Norwegia itu mengejar umpan terobosan Reus, sebelum mengecoh kiper Gulacsi, yang dengan mudah dilesakkannya ke gawang yang kosong.

Leipzig membukukan gol hiburan pada menit ke-90, saat Alexander Soerloth bereaksi dengan cepat untuk menyambar bola liar.

Baca juga: Bayern buang keunggulan dua gol ketika tersungkur di markas Gladbach

Susunan pemain:

RB Leipzig (3-4-2-1): Peter Gulacsi, Willi Orban, Dayot Upamecano, Marcel Halstenberg, Tyler Adams, Amadou Haidara (Hee Chan Hwang 71'), Marcel Sabitzer (Lukas Klostermann 61'), Angelino, Daniel Olmo, Emil Forsberg (Alexander Soerloth 61'), Yussuf Poulsen (Lazar Samardzic 88')
Pelatih: Julian Nagelsmann

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Buerki, Thomas Meunier, Manuel Akanji, Mats Hummels, Raphael Guerreiro, Axel Witsel (Emre Can 30'), Thomas Delaney (Dab-Axel Zagadou 69'), Jadon Sancho (Steffen Tigges 85'), Marco Reus (Julian Brandt 85'), Giovanni Reyna, Erling Haaland
Pelatih: Edin Terzic

Baca juga: Bremen bawa pulang satu poin dari lawatan ke markas Leverkusen
Baca juga: Dortmund bantah rumor Julian Brandt akan gabung Arsenal

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar