Piala FA

Arsenal susah payah lewati Newcastle di Piala FA

Arsenal susah payah lewati Newcastle di Piala FA

Gelandang Arsenal Emile Smith-Rowe (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai memecah kebuntuan dan mencetak gol ke gawang Newcastle United dalam laga putaran ketiga Piala FA di Stadion Emirates, London, Inggris, Sabtu (9/1/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Hannah McKay)

Jakarta (ANTARA) - Arsenal dipaksa bersusah payah untuk melewati Newcastle United di laga putaran ketiga Piala FA yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Emirates, London, Inggris, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Kedua tim dipaksa memainkan babak tambahan 2x15 menit untuk menentukan pemenang setelah bermain imbang nirgol dalam waktu normal, demikian catatan laman resmi FA.

Newcastle sebetulnya punya peluang untuk mengunci kemenangan pada menit kedua injury time babak kedua melalui Andy Carroll, tetapi dua tembakan beruntunnya mampu dimentahkan oleh kiper Bernd Leno yang tampil gemilang.

Skor nirgol juga bertahan hingga babak tambahan pertama, yang diwarnai penyelamatan gemilang kiper Karl Darlow atas tembakan voli Granit Xhaka.

Baca juga: Arteta senang Arsenal kini tak lagi kecewakan penggemarnya

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-109 saat Emile Smith-Rowe melepaskan tembakan klinis memanfaatkan blunder Ciaran Clark di area pertahanan Newcastle.

Arsenal patut lega, sebab pada menit ketiga injury time, Smith-Rowe sempat diperlihatkan kartu merah oleh wasit Chris Kavanagh setelah pelanggaran keras terhadap Sean Longstaff, tetapi setelah berkonsultasi keputusan itu dianulir dan hukumannya diturunkan hanya menjadi kartu kuning.

Arsenal yang sudah unggul tampak enggan menurunkan tensi permainan mereka dan pada menit ke-117 sang kapten Pierre-Emerick Aubameyang mengunci kemenangan timnya dengan sontekan jarak dekat menyelesaikan umpan tarik Kieran Tierney.


West Brom korban kejutan

Dalam pertandingan lebih awal, West Bromwich Albion jadi korban kejutan setelah disingkirkan oleh tim strata ketiga Blackpool dengan skor 2-3 melalui adu penalti.

West Brom memang tampil kurang meyakinkan. Mereka dua kali tertinggal di waktu normal akibat gol Jerry Yates dan Gary Madine, beruntung sundulan Semi Ajayi dan eksekusi penalti Mathues Pereira bisa membuat tim besutan Sam Allardyce itu menyamakan kedudukan.

Skor 2-2 bertahan hingga bubaran waktu normal dan 2x15 babak tambahan waktu dan dalam adu penalti, Pereira berubah dari pahlawan jadi pecundang karena gagal melakoni tugasnya sebagai algojo kelima West Brom.

Baca juga: Leicester lolos ke putaran keempat Piala FA setelah hantam Stoke

Adu penalti juga harus dijalani tim Liga Premier lain, Burnley, yang harus bersusah payah menyingkirkan tim strata ketiga Milton Keynes Dons dengan kemenangan penalti 4-3.

Sementara itu, Fulham berhasil melewati hadangan QPR setelah gol Bobby Reid dan Neeskens Kebano di babak tambahan waktu mengunci kemenangan 2-0.

Di pertandingan lainnya, semifinalis Piala Liga Inggris, Brentford, menang tipis 2-1 atas sesama tim Championships, Middlesbrough, berkat gol-gol Halil Dervisoglu dan Saman Ghoddos.

Sedangkan Huddersfield Town tersingkir di tangan tim strata ketiga Plymouth Argyle setelah kalah 2-3 di Stadion John Smith's.

Baca juga: Everton butuh babak tambahan untuk singkirkan tim strata kedua
Baca juga: Para pemain muda Villa tuai pujian kendati kalah lawan Liverpool
Baca juga: Gol tunggal Adama Traore antar Wolverhampton lewati Crystal Palace

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar