Google garap fitur perekam telepon tak dikenal secara otomatis?

Google garap fitur perekam telepon tak dikenal secara otomatis?

Ilustrasi aplikasi Google pada perangkat Android (android.com)

Jakarta (ANTARA) - Setelah memperkenalkan fitur perekaman panggilan tahun lalu, kini bocoran aplikasi Google Phone menunjukkan adanya fitur yang dapat merekam panggilan tidak dikenal secara otomatis.

Pembongkaran APK dari aplikasi Google Phone versi 59 terbaru, yang dilakukan oleh XDA-Developers, mengungkap penjelasan yang memberi petunjuk fitur baru tersebut akan memungkinkan pengguna untuk mulai merekam semua panggilan telepon dari penelpon tak dikenal atau nomor yang tidak terdaftar dalam kontak pengguna.

Baca juga: Ratusan pekerja Google bentuk serikat pekerja, protes kondisi kerja

"Anda atau orang lain dalam panggilan Anda mungkin berada di suatu tempat yang mengharuskan semua orang menyetujui untuk direkam. Setiap orang akan diberi tahu sebelumnya bahwa panggilan direkam. Terserah Anda untuk mengikuti hukum tentang merekam percakapan. Rekaman hanya disimpan di ponsel Anda," bunyi penggalan teks yang menjelaskan fitur tersebut.

Penjelasan lain juga menunjukkan konfirmasi opsi perekaman panggilan otomatis. Salah satunya adalah "Selalu rekam" dan satunya lagi adalah opsi "Batal."

Hanya karena bocoran aplikasi terungkap sebelum fitur diaktifkan, tidak menjamin bahwa fitur tersebut akan benar-benar dirilis. Google juga belum mengonfirmasi bahwa fitur seperti itu akan hadir.

Tahun lalu, dikutip dari GSM Arena, Google Phone memperkenalkan fitur perekaman panggilan baru yang hanya berfungsi di perangkat Pixel dan ponsel Nokia dan Xiaomi tertentu.

Tombol perekaman muncul di layar panggilan yang sedang berlangsung yang memutar ulang suara, memberi tahu kepada kedua pihak bahwa panggilan sedang direkam.

Baca juga: Google blokir aplikasi jejaring sosial Parler, Apple beri peringatan

Baca juga: Serikat pekerja Alphabet Google minta YouTube blokir Trump

Baca juga: Google mulai berikan label privasi pada aplikasi App Store

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pria buta berlari sejauh 5 KM dipandu aplikasi di ponselnya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar