Sepekan, produksi kedelai hingga pesawat Sriwijaya Air hilang kontak

Sepekan, produksi kedelai hingga pesawat Sriwijaya Air hilang kontak

Perajin membuat tempe berbahan kedelai lokal di industri rumahan "iniTempe Bali", Badung, Bali, Rabu (6/1/2021). Industri pengolahan kedelai menjadi berbagai jenis produk makanan seperti tempe berbagai varian dan kue kering tersebut tidak terdampak kenaikan harga kedelai impor karena menggunakan bahan kedelai lokal dari daerah Jawa Tengah dan Bali yang kualitas kedelainya lebih baik dan harga lebih stabil. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi dalam sepekan terakhir 3-9 Januari 2021, mulai dari produksi kedelai hingga pesawat Sriwijaya Air SJ dengan nomor penerbangan SJ 182 hilang kontak pada Sabtu (9/1) 2020 pukul 14.40 WIB.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Kementan akan lipatgandakan produksi kedelai dalam 200 hari

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pihaknya akan melipatgandakan produksi kedelai dalam negeri dalam waktu setidaknya 200 hari, atau dua kali masa tanam.

Mentan mengatakan upaya tersebut merupakan solusi mengatasi lonjakan harga kedelai di pasar global, di mana Indonesia masih bergantung importasi pada komoditas tersebut sebagai bahan baku tahu dan tempe.

Baca selengkapnya di sini

2. Presiden : Ekonomi mulai bangkit, banyak investasi di awal 2021

Presiden RI Joko Widodo mengatakan kegiatan perekonomian domestik mulai bangkit, yang ditandai dengan semakin banyaknya aliran masuk investasi pada awal 2021.

Presiden Jokowi dalam Dies Natalis ke-58 Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, Selasa, melalui virtual mengatakan bahwa mulai pulihnya kegiatan perekonomian domestik dan aliran investasi akan membuka banyak lapangan kerja.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Menkeu jamin anggaran vaksinasi tersedia

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjamin anggaran untuk kebutuhan vaksinasi tersedia dengan estimasi kebutuhan anggaran hingga Rp73 triliun.

“Kami mengikuti terus agar kebutuhan belanja terpenuhi,” kata Sri Mulyani dalam jumpa pers virtual realisasi APBN 2020 di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

 

4. Jangan panik, Airlangga tegaskan PSBB hanya batasi kegiatan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta dan 23 kabupaten/kota di enam provinsi lainnya bukan merupakan larangan, namun membatasi kegiatan masyarakat.

“Ditegaskan ini bukan pelarangan kegiatan masyarakat,” kata Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Kemenhub benarkan pesawat Sriwijaya Air hilang kontak Kementerian Perhubungan membenarkan bahwa pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan SJY 182 hilang kontak pada pukul 14.40 WIB.

“Telah terjadi ‘lost contact’ pesawat udara Sriwijaya rute Jakarta - Pontianak dengan ‘call sign’ SJY 182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto kepada Antara di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bantuan bagi warga tedampak banjir Kalsel terus berdatangan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar