Jakarta (ANTARA) -
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partainya akan memperjuangkan bersihnya Sungai Ciliwung demi terciptanya 'Jakarta Bersih' melalui politik legislasi dan politik anggaran.
 
Hasto mengatakan hal itu usai menanam pohon di pinggiran kali bersama fungsionaris partai, di Jalan Prapatan Baru, Senen, Jakarta Pusat, Minggu.
 
Kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan HUT ke-48 PDIP itu juga dihadiri Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Fungsionaris DPD PDIP DKI Jakarta yang juga Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, dan pengurus wilayah DKI Jakarta Pusat.

Baca juga: Pengamat: Politik lingkungan PDIP perlu ditiru parpol lain
 
Acara dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Semua peserta menggunakan kaos hitam berlogo banteng dilengkapi masker serta sabun. Sementara panitia menggunakan kaos merah yang disablon dengan logo Cinta Ciliwung Bersih.
 
Hasto mengatakan arahan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri soal menjaga sungai adalah sangat penting karena sungai adalah jalan peradaban.
 
"Karena itulah, kita minta Pak Pras selaku Ketua DPRD DKI betul-betul memperjuangkan bagaimana Sungai Ciliwung benar-benar bersih sehingga seluruh kehidupan flora dan fauna yang ada di dalamnya betul dapat kita rawat karena sungai sumber dari seluruh kehidupan untuk memanusiakan kehidupan manusia dengan alam raya," kata Hasto dalam siaran persnya.

Baca juga: Megawati pilih bunga Lotus untuk gerakan cinta Ciliwung bersih
 
Pihaknya bersyukur telah bersama-sama menanam pohon untuk memberi nafas kehidupan bagi Bumi Pertiwi, mengabdi kepada Ibu Pertiwi dan Tanah Air Tercinta.
 
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan masyarakat DKI Jakarta perlu memiliki kepedulian terkait kebersihan kali.
 
"Saya menghimbau masyarakat untuk menjaga lingkungan khususnya kali. Kali bukan tempat buang sampah. Kalau lingkungan baik, masyarakat sekitar kali juga akan sehat. Begitu menurut saya. Mari kita jaga kali," kata Prasetyo.
 
Usai upacara pembukaan, Hasto dan peserta acara melaksanakan penanaman Bunga Bougenville di pot yang telah disediakan. Sebanyak 25 Bougenville dan 25 Pucuk Merah ditanam. Selanjutnya dilaksanakan gerakan pembersihan bantaran kali tersebut.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021