Anti Hoax

Hoaks, foto bayi selamat dari kecelakaan Sriwijaya Air

Hoaks, foto bayi selamat dari kecelakaan Sriwijaya Air

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke bagian pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta - Pontianak yang jatuh di perairan Pulau Seribu di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021). Temuan bagian pesawat selanjutnya akan diperiksa oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sedangkan potongan tubuh korban diserahkan kepada DVI Polri untuk identifikasi lebih lanjut. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Dua foto yang menampilkan sosok bayi di dalam sebuah jaket penyelamat menghebohkan warganet Tanah Air pada Minggu (10/1/2021) karena dikaitkan dengan kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Dalam foto itu, terlihat bayi telah dievakuasi oleh petugas berseragam TNI selain dua orang lain.

Narasi yang disematkan pada foto itu menyatakan bayi tersebut merupakan korban selamat peristiwa kecelakaan pesawat Sriwijaya Air dengan rute penerbangan Jakarta-Pontianak pada Sabtu (9/1/2021).

Berikut narasi lengkap dalam foto yang beredar di media sosial Twitter dan percakapan WhatsApp itu:

"BASARNAS, SAR, dan Team gabungan Angkatan Laut Berhasil mengevakuasi bayi salah satu korban dari Sriwijaya Air sj 182.Atas kuasa Allah swt masih selamat.dan Terombang ambing selama 24 jam di lautan"

Namun, benarkah tim gabungan yang melakukan operasional penyelamatan di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki mengevakuasi bayi selamat seperti dalam foto itu?
 
Unggahan hoaks tentang bayi selamat dari kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Foto itu adalah foto bayi selamat pada kecelakaan kapal KM Lestari Maju pada 2018. (WhatsApp)


Penjelasan

Foto sosok bayi yang diklaim sebagai korban selamat peristiwa kecelakaan pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 itu merupakan hoaks.

Penelusuran ANTARA, bayi dalam foto yang beredar tersebut merupakan bayi yang selamat dari kapal KM Lestari Maju yang tenggalam di Perairan Selayar Sulawesi Selatan pada Juli 2018.

Sebelumnya, foto bayi selamat kapal KM Lestari Maju itu juga sempat muncul dan menjadi hoaks setelah peristiwa kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 pada Oktober 2018.

Klaim: Foto bayi selamat dari kecelakaan Sriwijaya Air
Rating: Hoaks

Baca juga: Korban Sriwijaya Air miliki bayi berusia tujuh hari

Baca juga: Berharap keajaiban dari Sriwijaya Air

Pewarta: Tim JACX
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar