Liga Belanda

Duel kiblat sepak bola Belanda antara Ajax vs PSV berakhir imbang 2-2

Duel kiblat sepak bola Belanda antara Ajax vs PSV berakhir imbang 2-2

Pemain PSV Pablo Rosario saat berduel dengan pemain Ajax Sebastian Haller ketika keduanya bertemu dalam laga lanjutan Liga Belanda pekan ke-15 di Stadion Johan Cruyff, Minggu (10/1/2021). (ANTARA/Reuters C/Pro Shots Photo Agency)

Jakarta (ANTARA) - Duel kiblat sepak bola Belanda yang mempertemukan Ajax melawan PSV Eindhoven berakhir imbang 2-2 dalam rangkaian pekan ke-15 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Hasil imbang itu membuat posisi dua teratas klasemen tak berubah, Ajax tetap memimpin di puncak dengan koleksi 35 poin dan PSV persis di bawahnya tertinggal hanya satu poin, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Skor imbang ini memberi keuntungan bagi Feyenoord yang dalam laga lebih awal mampu memenangi Derbi Rotterdam dan kini hanya berjarak tiga poin dari puncak klasemen.

Baca juga: Feyenoord menangi derbi Rotterdam usai taklukkan Sparta 2-0

PSV tancap gas sejak awal laga dan tim besutan Roger Schmidt itu membuka keunggulan hanya dua menit setelah sepak mula, saat umpan tumit Malen diselesaikan sempurna oleh Eran Zahavi untuk menjebol gawang tuan rumah.

Ajax merespon gol itu dengan berusaha mengurung pertahanan PSV, tetapi rapatnya koordinasi lini belakang tim tamu membuat Dusan Tadic dkk kesulitan menembus kotak penalti dan sejumlah tembakan spekulasi dari jarak jauh masih belum menemui sasaran.

Di tengah upaya Ajax mencetak gol balasan, justru PSV mampu menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-21 saat Donyell Malen mengakhiri sebuah serangan balik cepat dengan umpan matang yang tinggal dikonversi Zahavi menjadi gol keduanya untuk tim tamu.

Tertinggal dua gol membuat Ajax semakin bernafsu mengurung pertahanan tim tamu. Pada menit ke-28, Tadic hampir memperkecil ketertinggalan, hanya saja sepakannya masih membentur tiang gawang.

Kerja keras pemain Ajax baru bisa terbayar pada menit ke-40 melalui aksi Quincy Promes. Berawal dari akselerasi Tadic yang mampu mengecoh satu bek PSV, ia kemudian meneruskan umpan ke tengah untuk disambar Promes.

Baca juga: Striker West Ham Sebastien Haller menyeberang ke Ajax Amsterdam

Kedua tim memasuki babak kedua dengan intensistas serangan tinggi, tetapi tembakan keras Tadic masih bisa diantisipasi kiper Yvon Mvogo, sedangkan upaya Zahavi melengkapi raihan hattrick gagal sebab sepakannya di mulut gawang terlalu lemah dan mudah ditepis kiper Andre Onana.

Pada menit ke-50, rekrutan anyar Ajax Sebastien Haller sempat menyarangkan bola ke gawang PSV, tetapi gol itu dianulir oleh wasit Bjorn Kuipers setelah berkonsultasi dengan VAR.

Kendati gagal mencetak gol, Haller mampu membukukan assist yang diselesaikan Antony Matheus pada menit ke-65 untuk membuat kedudukan imbang 2-2.

Ajax berusaha membalikkan keadaan tetapi dua tembakan Promes belum mampu melewati hadangan barisan pertahanan PSV pada menit ke-75.

Sebaliknya, Zahavi kembali beroleh peluang untuk meraih trigol pada menit ke-80, tetapi sepakannya masih mampu diamankan Onana dan sejak itu skor imbang 2-2 tak berubah hingga bubaran.

Di pertandingan selanjutnya, Ajax akan melawat ke markas FC Twente pada Kamis (14/1), sedangkan PSV sehari sebelumnya menjamu AZ Alkmaar di Stadion Philips.

Baca juga: Vitesse bungkam Heracles 2-0, Alkmaar ditahan seri Zwolle
Baca juga: Twente paksa FC Emmen telan kekalahan ke-10 musim ini
Baca juga: ADO Den Haag awali 2021 dengan kemenangan tipis atas Waalwijk

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar