Discord hapus server pendukung Trump

Discord hapus server pendukung Trump

Discord. (Twitter/discord)

Jakarta (ANTARA) - Platform Discord melarang server bernama "The Donald", buatan komunitas pendukung Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Laman The Verge, dikutip Senin, melaporkan komunitas pendukung Trump tersebut berhubungan dengan forum di Reddit r/The_Donald dan TheDonald.win, yang juga sudah diblokir.

Baca juga: Google blokir aplikasi jejaring sosial Parler, Apple beri peringatan

Discord menyatakan mereka tidak memiliki bukti bahwa server tersebut digunakan untuk mengatur kerusuhan di Capitol, namun, mempermasalahkan bahwa platform tersebut digunakan untuk mendukung kekerasan.

"Kami tidak mentoleransi kebencian dan kekerasan di platform ini atau menggunakan Discord untuk mendukung atau mengorganisasi kekerasan yang ekstrem," kata Discord.

"Meski pun tidak ada bukti server bernama The DOnald digunakan untuk mengorganisasi kerusuhan 6 Januari, Discord memutuskan untuk melarang server tersebut hari ini karena secara terbuka berhubungan dengan forum dalam jaringan yang digunakan untuk membangkitkan kekerasan, merencanakan pemberontakan bersenjata di Amerika Serikat dan menyebarkan misinformasi berbahaya berkaitan dengan kecurangan Pemilu AS 2020".

Reddit sebelumya memblokir forum subreddit resmi pendukung Presiden Trump r/The_Donald pada Juni tahun lalu akrena secara terang-terangan menyebarkan ujaran kebencian.

Server The Donald di Discord menjadi salah satu tempat berkumpul mantan anggota subreddit r/The_Donald setelah forum tersebut dilarang, menurut artikel di situs Mother Jones pada Oktober lalu.

Reddit juga memblokir forum tidak resmi r/donaldtrump mulai Jumat (8/1) lalu karena berkali-kali melanggar kebijakan mereka tentang kekerasan, setelah kerusuhan di Washington D.C.


Baca juga: Twitter blokir akun Trump secara permanen

Baca juga: Serikat pekerja Alphabet Google minta YouTube blokir Trump

Baca juga: Twitch nonaktifkan akun Trump

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jelang pelantikan Biden, AS dalam siaga tinggi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar