Tujuh fakta menarik dari Tintin, jelajah bulan sebelum Neil Armstrong

Tujuh fakta menarik dari Tintin, jelajah bulan sebelum Neil Armstrong

Tintin (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Tintin, salah satu karakter kartun yang dicintai dunia, berulang tahun ke-92 pada 10 Januari 2021. Tokoh pewarta muda Belgia yang diciptakan kartunis Herge ini sudah bertualang ke banyak tempat, bahkan hingga ke Bulan. Untuk merayakan ulang tahun Tintin, simak tujuh fakta menarik mengenai karakter ikonik ini.

1. Komik pertama Tintin yang berjudul "Tintin di Soviet" pertama kali terbit pada 1930, memperkenalkan pembaca kepada anjing yang selalu menemani Tintin, Snowy, kapten Haddock juga profesor Calculus. Dikutip dari Latestly, komik Tintin sudah diterbitkan ke dalam lebih dari 70 bahasa.

Baca juga: Bicara animasi dengan animator internasional Rini Sugianto

2. Meski Neil Armstrong orang pertama dari muka bumi yang menjejakkan kaki di bulan, sebetulnya Tintin sudah digambarkan tiba di sana jauh lebih lama. Dalam kisah "Ekspedisi ke Bulan", Herge menyajikan hasil riset mendalamnya mengenai kemungkinan manusia pergi ke bulan. Kisah petualangan luar angkasa ini diterbitkan secara mingguan di Tintin Magazine antara 1952 dan 1953, 15 tahun sebelum manusia benar-benar bisa menjejakkan kaki di bulan.

3. Anjing Tintin, Snowy, telah merebut hati banyak orang. Dia adalah pendamping setia Tintin, dan seringkali jadi penyelamat. Seperti Tintin, Snowy juga pemberani. Dia akan menjilat wajah Tintin saat tidur sebagai tanda peringatan tanda bahaya. Popularitasnya bahkan membuat Snowy jadi cameo di acara-acara terkenal, seperti "The Simpsons" dan "South Park".

4. Herge menceritakan negara-negara di pertualangan Tintin secara nyata meski dia belum pernah mengunjunginya secara langsung saat membuatnya. Baru pada 1971, dia dan istrinya memutuskan untuk melancong ke Amerika Serikat dan Taiwan, tapi dia belum pernah mengunjungi Kongo atau Soviet.

5. Herge menjadi cameo di komik-komik dan di tayangan Tintin. Dia pernah jadi pewarta yang mewawancarai Tintin, penjaga bar, kru film, hingga penumpang kereta yang dinaiki Tintin.

6. Dunia Tintin didominasi laki-laki. Protagonis dan teman-temannya semua lelaki, kecuali penyanyi opera Bianca Castafiore.

7. Di versi asli komik Tintin, yang ditulis dalam bahasa Prancis, anjing Tintin bernama Milou, diambil dari nama panggilan Herge untuk kekasih pertamanya, Marie-Louise Van Cutsem.


Baca juga: Cerita animator film Hollywood asal Indonesia soal dampak COVID-19

Baca juga: Tintin rayakan 90 tahun dengan edisi kontroversi kolonial

Baca juga: Prangko Tintin di Kemayoran dan Pulau Komodo di Brussels

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar