Harapannya mereka terhindar dari penyebaran COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Senin, untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan secara ketat.

"Agenda ini dalam rangka tindak lanjut atas surat edaran dari Satuan Gugus Tugas COVID-19 Nomor 1 Tahun 2021 tentang perpanjangan masa PSBB. Kita mau memastikan terminal-terminal yang ada di Jakarta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," katanya di Jakarta.

Agenda kepolisian yang dipimpin oleh Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Hari Purnomo beserta jajaran dilakukan dalam rangka Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diperpanjang 11-25 Januari 2021 di Jakarta.

Kemudian Ditlantas juga memastikan penerapan aturan perjalanan darat menggunakan angkutan umum di antaranya adalah kapasitas 50 persen penumpang dari kapasitas tampung.

"Tadi kita cek satu-satu, aturan ini betul-betul dipenuhi oleh bus yang akan berangkat memenuhi kapasitas 50 persen," katanya.

Baca juga: PSBB lanjutan, Jalan MH Thamrin-Sudirman ramai lancar

Selain itu pengemudi maupun penumpang, kata Hari, telah menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker serta menjaga jarak.

"Harapannya mereka terhindar dari penyebaran COVID-19," katanya.
 
Operator Terminal Terpadu Pulogebang bekerja sama dengan Polda Metro Jaya menggelar kegiatan tes antigen dan tes urine di lingkungan terminal, Rabu (23/12/2020). (ANTARA/Andi Firdaus)

Sementara itu dalam agenda sidak di ruang tunggu penumpang lantai mezanin Terminal Terpadu Pulogebang, Hari menegur seorang penumpang yang kedapatan tidak menggunakan masker.

"Tadi ada satu orang yang tidak menggunakan masker, kita memberikan imbauan karena memang ternyata dia tidak dari Jakarta, dia dari Sukabumi masuk ke Jakarta kita tanyakan, kenapa tidak menggunakan masker, karena tertinggal di rumah. Kemudian kita beri imbauan dan juga kita berikan masker untuk dipakai," katanya.

Kondisi serupa juga ditemukan di dalam bus, sehingga petugas kembali memberikan teguran serta masker.

Baca juga: Anies tegaskan PSBB lanjutan menekankan pada pengetatan

Sidak berlanjut ke ruang kedatangan penumpang untuk memastikan calon penumpang disertai surat keterangan sehat dan hasil tes usap antigen.

Hari mengatakan pihaknya terus melakukan upaya secara preventif dengan memberikan pemahaman, tetapi jika mereka masih menolak mematuhi protokol kesehatan maka akan dilakukan penegakan hukum.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021