Mensos sambangi KPK koordinasi soal kajian pengelolaan bansos

Mensos sambangi KPK koordinasi soal kajian pengelolaan bansos

Gedung KPK. (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin, berkoordinasi terkait hasil kajian pengelolaan bantuan sosial (bansos) yang dilakukan KPK.

"Hari ini, KPK menerima kehadiran Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk melakukan koordinasi terkait surat rekomendasi KPK tanggal 3 Desember 2020 tentang penyampaian hasil kajian pengelolaan bantuan sosial," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: KPK harap Mensos Risma berkoordinasi terkait bansos

Ia mengatakan melalui koordinasi hari ini, lembaganya kembali memaparkan hasil kajian dan rekomendasi KPK sebagai pelaksanaan tugas monitoring dalam penyaluran bansos.

"Ada beberapa masukan yang juga KPK sampaikan terkait langkah dan upaya yang dilakukan Kemensos dalam penyaluran bansos," ucap Ipi.

Baca juga: Mensos Risma jelaskan rincian tiga program bansos

Turut hadir dalam pertemuan itu, yakni tiga Pimpinan KPK masing-masing Alexander Marwata, Nurul Ghufron, dan Nawawi Pomolango, serta Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan dan jajaran di Kedeputian Pencegahan KPK.

Sebelumnya, KPK masih menemukan persoalan utama dalam penyelenggaraan bansos, yaitu akurasi data penerima bantuan yang meliputi kualitas data penerima bantuan, transparansi data maupun pemutakhiran data.

Baca juga: Mensos lakukan pemetaan calon penerima bansos

KPK pun berharap perbaikan dalam skema penyelenggaraan bansos akan meningkatkan efektivitas penyaluran yang lebih tepat sasaran dan tepat guna serta menutup potensi terjadinya "fraud" yang dapat mengarah pada tindak pidana korupsi (tipikor).

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mensos Risma fasilitasi keinginan seorang relawan miliki usaha bengkel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar