London (ANTARA) - Inggris merasa khawatir soal penyebaran COVID-19 di pasar swalayan dan terutama mereka yang melanggar protokol kesehatan, dengan tidak menggunakan masker selagi berbelanja, demikian Menteri Pendistribusian Vaksin Nadhim Zahawi, Senin.

"Kami mengkhawatirkan itu, misalnya, di  pasar swalayan kita benar-benar perlu memastikan masyarakat menggunakan masker dan mengikuti sistem terpadu, dan ketika tempatnya sudah penuh untuk beroperasi secara aman, orang-orang menunggu di luar," katanya kepada Sky News.

Tetapi ,Zahawi tidak lagi menyebutkan bahwa penegakan aturan kesehatan harus menjadi tanggung jawab pasar swalayan ketimbang pengunjung itu sendiri.

"Seruan kami untuk semua orang, masing-masing dari kita. Aturan ini bukan batasan untuk dilawan. Aturan ini ada untuk mencoba sekaligus memastikan bahwa kita mengendalikan virus ini," katanya.

"Hal terpenting yang musti dilakukan saat ini adalah memastikan bahwa... kepatuhan terhadap aturan ketika orang-orang pergi ke pasar swalayan dijalani."

Zahawi juga mengapresiasi pasar swalayan yang telah melakukan "pekerjaan luar biasa" dalam melayani masyarakat dan memberikan fasilitas untuk vaksinasi.

Sumber: Reuters

Baca juga: Ratu Elizabeth mendapat suntikan vaksin COVID-19

Baca juga: Inggris izinkan penggunaan vaksin Moderna

Baca juga: Inggris perpanjang larangan masuk bagi wisatawan dari 11 negara Afrika


 

RI amankan 100 juta dosis vaksin Inggris AstraZeneca

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021