Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Honda Jose Ignacio Cornejo Florimo merayakan kemenangan untuk pertama kalinya tahun ini setelah tampil tercepat di etape 8 Reli Dakar yang menempuh rute Sakaka ke Neom, Arab Saudi, Senin.

Pebalap asal Chile itu start dari posisi kedua dan menyelesaikan Special Stage sepanjang 375km itu satu menit lima detik lebih cepat dari Toby Price dari tim rival KTM yang finis runner-up.

Dengan hasil itu Cornejo memperlebar jaraknya sebagai pemuncak klasemen setelah terpaut hanya satu detik dari sang pebalap Australia di akhir etape 7 pada Minggu, demikian laman resmi Dakar.

Baca juga: Etape 7 Dakar: Brabec raih kemenangan pertama, Cornejo pimpin klasemen
Baca juga: Barreda juarai etape 6, Price ambil alih pimpinan klasemen


Juara bertahan Ricky Brabec bertugas membuka jalan di bagian kedua etape maraton hari ini setelah tak mengira bisa menjuarai etape sebelumnya.

Sang pebalap Amerika Serikat kehilangan waktu dan mendapati posisi melorot setelah check point pertama namun mampu bangkit di 50 km terakhir untuk mengklaim podium di peringkat tiga dengan jarak dua menit 50 detik dari rekan satu timnya di Honda.

Sedangkan Sam Sunderland dari tim KTM finis keempat dan menjaga dirinya di peringkat tiga klasemen dengan jarak lima menit 57 detik dari Cornejo.

Brabec mengatrol posisinya ke peringkat enam klasemen, terpaut 17 menit 42 detik dari Cornejo.

"Saya rasa kami membalap dengan kecepatan yang sangat baik hari ini. Tidak ada kesalahan navigasi," kata Cornejo.

"Ada sejumlah bagian yang sulit, tapi kami menemukan jalan dan tidak membuat kesalahan satupun dan itulah di mana kami meraih cukup banyak waktu.

"Ini etape yang baik, cukup cepat tapi pada akhirnya, beberapa lanskap yang sangat cantik. Pegunungan berbatu yang sangat besar itu sungguh luar biasa, saya senang bisa membalap di sini.

"Dengan empat hari tersisa, rencananya masih sama yaitu membalap secepat mungkin, jangan tersesat, jangan terjatuh dan merawat motor.

"Jadi saya rasa jika kami menjaga fokus yang sama seperti yang saya lakukan di balapan ini atau di beberapa hari terakhir saya bisa tampil cukup baik.

Baca juga: Benavides rebut pucuk klasemen setelah juarai etape 5
Baca juga: Barreda klaim etape 4, tempel ketat pemuncak klasemen De Soultrait


Kevin Benavides dan Joan Barreda Bort yang finis enam besar hari ini mengamankan peringkat empat dan lima untuk menjaga gempuran pasukan Honda.

Pebalap tim Husqvarna Xavier de Soultrait, yang mengawali hari dari posisi empat di klasemen umum, mengalami kecelakaan setelah titik km 267 SS.

Sang pebalap Prancis tidak sadarkan diri dan harus mendapatkan perawatan medis sebelum diterbangkan ke rumah sakit di Tabuk untuk pemindaian sinar X.

Sementara itu kubu Yamaha kembali mengalami pukulan. Setelah Ross Branch terjatuh dan kehilangan waktu cukup banyak kemarin, sekarang Franco Camini yang mendapat kesialan.

Sang pebalap Argentina mendapati mesin motornya menyerah setelah km 282 dan dia tidak mampu memperbaikinya.

Di etape 9 para pebalap akan menjelajahi pesisir Laut Merah melalui rute sepanjang 574km dengan titik start dan finis di Neom dengan Spesial Stage sejauh 465km.

Baca juga: Price juarai etape 3, Howes ambil alih pucuk klasemen Reli Dakar
Baca juga: Pebalap Dakar dari Belanda Edwin Straver masih kritis

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021