Gianyar tambah kamera pengendali lalu lintas

Gianyar tambah kamera pengendali lalu lintas

Ruang Pusat Kendali Area Traffic Control System (ATCS) beserta di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar. (Dok Humas)

Gianyar, Bali (ANTARA) - Untuk memantau dan mengendalikan lalu lintas pada tiap persimpangan, Kabupaten Gianyar, Bali, saat ini dilengkapi Ruang Pusat Kendali Area Traffic Control System (ATCS) beserta perangkatnya yang berpusat di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar.

"Dengan bantuan kamera yang ditempatkan di persimpangan, maka aktivitas persimpangan dapat dipantau bahkan dikendalikan dari jarak jauh seperti mengatur siklus waktu traffic light dari ruangan pantau dan kendali atau control room," ujar Wakil Bupati Gianyar AA. Gde Mayun didampingi Kepala Dishub Kabupaten Gianyar, I Wayan Suamba saat menerima kunjungan Kasi Prasarana BPTD XII Propinsi Bali Boy Nurdin di Kantor Dishub Gianyar, Senin.

Media ini juga dilengkapi dengan fasilitas RSPA (Road Safety Public Announcer) untuk sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas, tertib di jalan, penggunaan helm dan lainnya serta dapat juga untuk sosialisasi dan publikasi terkait protokol kesehatan, demikian siaran pers Diskominfo Gianyar.

Baca juga: Polda Metro punya 800 kamera pemantau lalu lintas

Selain itu, ada penambahan pemasangan kamera CCTV yang lebih canggih dengan jaringan menggunakan media fiber optic pada 5 (lima) persimpangan. Adapun persimpangan tersebut yakni, persimpangan alun-alun Gianyar, persimpangan BPD, persimpangan RS Sanjiwani, persimpangan Bitera dan Persimpangan Buruan. Ruang Pusat Kendali beserta perangkatnya ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan cq Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Propinsi Bali dan NTB tahun 2020.

Kasi Prasarana BPTD XII Propinsi Bali, Boy Nurdin, dalam kesempatan itu melakukan pengecekan ke ruang pusat kendali dan melihat cara kerja staf untuk mengoperasikan.

Baca juga: Jalan pantura Rembang bakal dilengkapi CCTV

“ATCS adalah sebuah sistem yang dipergunakan untuk mengendalikan lalu lintas di persimpangan dan mengatur rangkaian persimpangan di dalam suatu kawasan terbatas. Semoga dengan bantuan ini, aktivitas berlalu lintas setiap persimpangan bisa dipantau tiap hari,” kata Boy Nurdin.

Sementara Kadishub Wayan Suamba menambahkan ATCS di Kabupaten Gianyar telah ada sejak 2014 yang meliputi tiga persimpangan, yaitu persimpangan Semebaung, persimpangan Kemenuh, Persimpangan Cemenggaon. Pada 2015 bertambah satu persimpangan yakni simpang masjid.

Pada 2018 ada tambahan pengendalian di persimpangan BPD berupa pantauan kamera CCTV. “Jenis kamera yang digunakan adalah kamera analog dengan menggunakan kabel untuk transmisi,” jelas Suamba.

Baca juga: Proses olah TKP Tanjakan Emen gunakan kamera tiga dimensi

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pertama di Indonesia, Bali Safari sambut kelahiran bayi Hyena 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar