Wagub NTT imbau warga berkontak erat dengannya jalani uji usap

Wagub NTT imbau warga berkontak erat dengannya jalani uji usap

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi saat memberikan keterangan dalam telekonferensi di Kupang, Senin (11/1/2021). Dalam telekonferensi itu, Josef Nae Soi mengumumkan langsung bahwa dirinya positif COVID-19. ANTARA/Aloysius Lewokeda.

Kupang (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi mengimbau agar warga yang sempat kontak erat dengan dirinya agar menjalani uji usap spesimen saluran nafas (swab) guna memeriksa keterpaparan COVID-19.

"Saya mengimbau kepada siapa pun yang telah melakukan pertemuan dengan saya sejak tanggal 6 Januari atau sebelumnya agar bisa melakukan uji antigen atau pun swab supaya bisa ketahuan," katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Selasa.

Ia mengatakan telah meminta semua anggota keluarganya untuk melakukan pemeriksaan antigen maupun swab setelah dirinya dinyatakan terpapar COVID-19.

Josef Nae Soi sendiri telah mengumumkan langsung bahwa dirinya positif COVID-19 melalui telekonferensi di Kupang pada Senin (11/1).

Baca juga: Rumah sakit penuh, Kupang minta pasien COVID-19 karantina mandiri

Baca juga: Unwira Kupang tutup total aktivitas kampus cegah COVID-19


Tanpa gejala

Ia dinyatakan terinfeksi virus Corona jenis baru itu berdasarkan hasil pemeriksaan antigen pada 6 Januari 2021 yang dilanjutkan dengan uji usap pada 7 Januari 2021.

Pemeriksaan dilakukan menyusul sopir dan ajudannya yang sebelumnya mengalami meriang dan setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan positif COVID-19.

Josef Nae Soi mengatakan dirinya tidak mengalami gejala sakit sama sekali. Ia saat ini dalam kondisi sehat dan menjalani isolasi mandiri di rumahnya sesuai dengan protokol penanganan COVID-19.

"Saya saat ini dalam kondisi sehat. Saya olahraga dan selama dua peka  saya akan isolasi mandiri di rumah saya," katanya.

Josef Nae Soi pun mengimbau agar seluruh warga tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan prinsip 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) serta meningkatkan kewaspadaan agar tidak tertular COVID-19 terutama dari orang tanpa gejala (OTG).*

Baca juga: Hasil tes usap Gubernur NTT, negatif COVID-19

Baca juga: Kadinkes Manggarai Barat positif COVID-19

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Icip-icip Kompiang, camilan khas Manggarai NTT

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar