Jakarta (ANTARA) -- Kemajuan teknologi, salah satunya, membuat saat ini banyak yang menawarkan pinjaman online. Jenis pinjaman yang diajukan via online dan tatap muka.
 
Bagi kehidupan masa kini, fasilitas seperti ini akan sangat menarik. Dengan kebutuhan finansial masyarakat kian meningkat, pinjaman online menjadi alternatif bantuan keuangan disaat mendesak.
 
Dengan memanfaatkan gadget yang dimiliki kemudahan tersebut bisa didapatkan secara cepat dan sangat mudah.
 
Namun, dibutuhkan kejelian sebelum menggunakan fasilitas pinjaman online. Perlu diketahui keuntungan dan kelebihannya agar tidak terjerumus pada perilaku konsumtif.
 
Keuntungan Fasilitas Pinjaman Online
 
Kelebihan pinjaman online dari konvensional adalah prosesnya singkat. Sangat berbeda dalam hal kecepatan proses dan persetujuan pinjaman.
 
Pengajuan pinjaman finansial konvensional umumnya, yang dilakukan secara offline, membutuhkan waktu persetujuan yang cukup lama, bahkan bisa berhari-hari.
 
Mulai dari proses pengajuan pinjaman dengan menyertakan berkas persyaratan seperti KTP, rekening listrik, buku nikah dan jaminan. Survei secara langsung ke rumah atau lingkungan untuk memastikan kevalidan data.
 
Pinjaman online tidak memerlukan survei fisik. Persyaratannya hanya sederhana misalnya cukup scan atau foto KTP dan mengisis formulir pengajuan pinjaman secara online.
 
Survei hanya dilakukan secara online dengan mengisi kuisioner. Boleh dikatakan tidak ada tatap muka atau kunjungan ke calon debitur.
 
Pinjaman Anda akan segera cair dalam waktu kurang dari satu hari. Sejumlah nominal uang akan langsung masuk ke rekening pribadi.
 
Selain itu, pinjaman online umumnya tidak memerlukan agunan atau jaminan. Anda bisa mengajukan pinjaman secara online lewat aplikasi tanpa agunan. Sangat menarik, bukan !
 
Tapi, dibutuhkan kejelian sebelum menggunakan fasilitas pinjaman online. Perlu diketahui tidak hanya keuntungan, tetapi juga kekurangannya, resikonya, agar tidak terjerumus pada perilaku konsumtif.
 
Kekurangan Pinjaman Online Cepat Cair 
 
Dibalik kemudahan pinjaman online tentu ada kekurangannya dibanding pinjaman
konvensional melalui instansi keuangan.
 
Pertama, pinjaman online nominalnya terbatas. Umumnya hanya berkisar di bawah 10jt rupiah. Karena pinjaman online memang diperuntukkan bagi orang yang kebutuhannya mendesak dan
nominalnya kecil. Misalnya untuk modal usaha kecil, untuk biaya sekolah atau kuliah.
 
Kedua, tenor atau jangka waktu pinjaman singkat. Umumnya kreditur atau pemberi pinjaman online memberikan batas waktu pinjaman maksimal hanya 3 bulan, ada juga yang memberikan waktu sampai 4 dan 6 bulan.
 
Dari segi jumlah cicilan yang harus dibayar lebih besar, waktu yang terlalu cepat rawan keterlambatan pembayaran. Sehingga hal ini terkadang dianggap memberatkan konsumen.
 
Ketiga, bunganya cukup tinggi di atas bunga pinjaman di bank. Bunga biasanya dihitung secara harian dan pembayaran bunga sejumlah masa hari pinjaman.
 
Asosiasi pinjaman online (AFPI) menetapkan bunga maksimum adalah 0,8% per hari atau 24% sebulan (asumsi 30 hari).
 
Keempat, ada biaya lain, diluar kewajiban bunga, yang membuat total biaya pinjaman online menjadi cukup mahal.
 
Tidak sedikit pinjaman online yang memotong biaya dimuka dari pencairan, sehingga Anda harus membayar tidak hanya bunga tetapi juga biaya.
 
Tips Pilih Pinjaman Online
 
Ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan jika ingin menggunakan pinjaman online, yaitu: 
 
Pilih penyedia jasa pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK 
 
OJK atau otoritas jasa keuangan adalah lembaga yang mengatur dan mengawasi semua aktifitas yang terjadi di sektor keuangan. Termasuk mengawasi penyedia pinjaman baik konvensional atau online.
 
Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak semua yang ada di internet memiliki legalitas.
 
Apalagi penyedia pinjaman online yang kian menjamur, tidak semuanya bisa dipercaya. Maka dari itulah Anda harus lebih waspada saat memilih pinjaman tersebut.
 
Penyedia jasa pinjaman online yang terdaftar di OJK menunjukkan legalitas perusahaan tersebut. Kerugian atau penipuan dapat diminimalisir dengan mempercayakan kebutuhan Anda pada perusahaan resmi.
 
Anda mendapatkan jaminan keamanan dalam bertransaksi. Hak-hak sebagai konsumen dilindungi. Ketika terjadi hal-hal yang merugikan terkait kesepakatan pinjaman online, debitur bisa membuat laporan kepada pihak berwajib.
 
OJK juga membuat regulasi mengenai jasa pinjaman online. Guna menghindari munculnya rentenir online, yang sangat merugikan konsumen pinjaman online.
 
Regulasi yang dibuat terkait dengan bunga yang diwajibkan kepada konsumen sebagai nilai tambah dari nominal yang harus dikembalikan. Dengan memilih jasa pinjaman online yang terdaftar OJK sangat menguntungkan dan menenangkan.
 
Transparansi Informasi Penyedia Pinjaman 
 
Pilih penyedia jasa pinjaman online yang transparan.
 
Karena konsumen tidak bertemu langsung dengan pihak kreditur, jadi segala informasi mengenai pinjaman harus jelas dari awal. Berapa pagu kredit yang akan diberikan, Bunga yang dibebankan, jangka waktu pinjaman, tanggal jatuh tempo, cara pengambilan pinjaman, cara pembayaran cicilan dan biaya-biaya lainnya.
 
Dengan mengetahui transparansi informasi pinjaman online langsung cair, konsumen bisa mempertimbangkan nominal yang akan diajukan. Menyesuaikan dengan kebutuhan dan
kemampuan membayar cicilan sesuai kesepakatan.
 
Konsumen tidak dirugikan, karena sudah menyetujui apa yang dibebankan atas pinjaman yang diterima. Mengetahui apa resiko jika terjadi keterlambatan membayar dari jatuh tempo.
 
Review dari konsumen sebelumnya
 
Tips memilih pinjaman online berikutnya adalah dengan mencari review dari konsumen sebelumnya.
 
Penyedia jasa pinjaman pastinya akan menampilkan review konsumen sebagai testimoni positif atas jasa yang diberikan. Biasanya akan mudah ditemukan di halaman website. Sebagai promosi
dan bagian dari transparansi informasi.
 
Sebagai calon konsumen, Anda bisa memilih penyedia jasa pinjaman dengan review yang positif. Mengenai kenyamanan pelayanan yang didapatkan, kecepatan proses pencairan, kemudahan tracking status pinjaman, bunga yang kompetitif dan sebagainya. Review positif
konsumen menunjukkan bahwa perusahaan penyedia jasa pinjaman bisa dipercaya dan sudah berpengalaman.
 
Penutup 
 
Mengetahui keuntungan dan kekurangan pinjaman online sangat penting sebelum mencoba fasilitasnya. Supaya dapat mempertimbangkan urgensi kebutuhan dan kemampuan bayar sebelum mengajukan pinjaman. Jangan hanya tertarik dengan kemudahan dalam mendapatkan uang.
 
Sebagai peminjam harus siap dengan segala resikonya. Pinjaman online cepat cair akan menguntungkan jika digunakan secara bijak.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021