Hari ini berat, selalu menjadi hari yang panjang, demikian pula hari ini
Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Honda Jose Ignacio Cornejo semakin melebarkan jaraknya di puncak klasemen setelah rival terdekatnya Toby Price dari tim KTM mengalami kecelakaan di etape sembilan Reli Dakar di Neom, Arab Saudi, Selasa.

Cornejo mengawali etape sembilan yang mengambil rute memutar di Neom itu dengan keunggulan satu menit enam detik dari Price setelah meraih kemenangan pertamanya di etape delapan pada Senin.

Bertugas membuka jalan, pebalap Chile tersebut memimpin catatan waktu sebelum pada titik km 198 disalip rekan satu timnya Kevin Benavides.

Baca juga: Al-Attiyah klaim etape 8 untuk pangkas jarak dari Peterhansel

Cornejo pada akhirnya finis satu menit 34 detik di belakang Benavides yang tampil tercepat di Special Stage sepanjang 465km di sepanjang pesisir Laut Merah hari itu.

Adrian Van Beveren melengkapi podium di tempat ketiga untuk Yamaha, demikian laman resmi Dakar.

"Hari ini berat, selalu menjadi hari yang panjang, demikian pula hari ini," kata Cornejo.

"Toby start tepat di belakang saya. Kami bertarung untuk kemenangan umum dan sangat disayangkan dia terjatuh dan cedera. Saya harap tidak ada (cedera) yang serius.

"Itu hal yang tidak ingin saya dengar, salah satu dari kami terjatuh atau keluar dari lomba.

"Toby adalah legenda, dia pebalap yang sangat baik dan juga orang yang sangat ramah, jadi saya mendoakan dia lekas pulih.

Price mengalami kecelakaan setelah km 155 dan mengalami cedera di lengan kiri dan bahunya.

Baca juga: Cornejo perlebar jarak di puncak klasemen setelah juarai etape 8

Insiden itu menjadi pukulan berat bagi sang pebalap Australia, yang sedang mengincar gelar Dakar ketiganya.

Price harus diterbangkan ke rumah sakit di Tabuk untuk pemindaian sinar X dan harus gugur lebih awal dari lomba karena kecelakaan tersebut.

Luciano Benavides, yang sempat berada di posisi ketiga setelah km 239, juga mengalami kecelakaan setelah melewati km 242. Pebalap Argentina dari tim Husqvarna itu mengalami cedera bahu dan diterbangkan ke Tabuk.

Juara bertahan Ricky Brabec dan Sam Sunderland harus rela kehilangan 15 menit untuk membantu Price yang cedera di lapangan.

Matthias Walkner dari tim KTM dan Joan Barreda dari tim Honda finis lima besar etape hari itu, namun Brabec dan Sunderland akan mendapatkan kembali waktunya yang hilang.

Pimpinan klasemen umum sementara masih dipegang oleh Cornejo yang sekarang unggul 11 menit 24 detik dari Benavides dengan tiga etape tersisa.

Barreda naik ke peringkat tiga, terpaut 29 menit, namun bakal disalip oleh Sunderland dan Brabec ketika catatan waktunya difinalisasi.

Etape 10 akan menempuh rute 583km dari Neom ke Alula dengan Special Stage sepanjang 342km.

Baca juga: Legenda Reli Dakar Hubert Auriol meninggal dunia
Baca juga: Al-Rajhi kalahkan "Mr Dakar" untuk klaim etape 7 Dakar

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021