Ratusan OTG COVID-19 di Donohudan sudah dipulangkan

Ratusan OTG COVID-19 di Donohudan sudah dipulangkan

Kondisi Asrama Haji Donohudan terlihat dari depan yang digunakan untuk menampung pasien orang tanpa gejala (OTG) isolasi mandiri COVID-19 dari Soloraya , di Boyolali. (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

supaya mereka tahu warga yang dipulangkan betul-betul sudah sehat
Boyolali (ANTARA) - Ratusan warga masuk orang tanpa gejala (OTG) COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali, sudah dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Pasien OTG COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di Asrama Haji Donohuddan Boyolali yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 354 orang dan kini sudah dipulangkan ke rumah masing-masing, kata penanggung jawab isolasi mandiri COVID-19 di Asrama Haji Donohudan, dokter Sigit Armunanto, di Boyolali, Rabu.

Menurut Sigit Armunanto pasien OTG yang sudah dinyatakan sembuh COVID-19 tersebut sudah dipulangkan ke daerahnya masing-masing. Pasien OTG yang menjalani isolasi mandiri ini, dari wilayah Soloraya.

"Jumlah OTG COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di asrama haji totalnya sebanyak 436 orang, tetapi sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke daerahnya masing-masing 354 orang.

Jumlah yang masih menjalani isolasi mandiri di Asrama Haji Donohudan hingga saat ini, sebanyak 82 orang. Mereka semua OTG, tetapi jika ada gejala, mereka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan COVID-19.

Baca juga: Warga Boyolali sembuh dari COVID-19 bertambah 53 orang

Baca juga: Boyolali perketat pengawasan aktivitas di desa-desa dalam zona merah


Pihaknya saat memulangkan warga OTG yang hasil tes evaluasi dinyatakan negatif COVID-19, langsung melakukan berkoordinasi dengan kabupaten dan kota daerah yang mengirim. Karena, mereka yang sudah dinyatakan sembuh dari hasil tes usap ulang bisa langsung diserahkan ke daerah.

"Kami harus mengomunikasikan dengan masyarakat di daerahnya melalui puskesmas-puskesmas supaya mereka tahu warga yang dipulangkan betul-betul sudah sehat," kata Sigit.

Sigit sebelumnya mengatakan pasien yang diisolasi di Asrama Haji Donohudan, kondisinya sehat tanpa gejala. Tim tenaga kesehatan, selama melayani pasien OTG dengan cara mengajak bergembira dan kegiatan-kegiatan daring yang isinya saling berbagi untuk menaikan imunnya.

82 orang yang menjalani isolasi mandiri mayoritas dari Soloraya. Jadi warga yang positif dan sudah sembuh dari COVID-19, mereka bisa berbagi pengalaman soal keluhan, dan saling menyemangati.

Selain itu, pihaknya juga meningkatkan kekuatan jasmani pasiennya dengan mengajak berolahraga senam secara rutin setiap pagi di asrama haji Donohudan. Bahkan, pihaknya juga memberikan suplemen, seperti Vitamin C kepada pasien untuk diminum malam hari supaya daya tahan tubuhnya lebih meningkat.

Baca juga: Ratusan OTG COVID-19 di Asrama Haji Donohudan sembuh

Baca juga: Asrama Haji Donohudan siap terima pasien isolasi COVID-19

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar