12 nama disiapkan ikut vaksin pertama kali di Surabaya

12 nama disiapkan ikut vaksin pertama kali di Surabaya

Ilustrasi - Botol botol dosis vaksin virus corona baru atau COVID-19 di laboratorium. (ANTARA/Shutterstock/pri.)

Delapan ribu itu kami alokasikan untuk para petugas
Surabaya (ANTARA) - Sedikitnya ada 12 nama yang disiapkan untuk mengikuti vaksin COVID-19 pertama kali digelar di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat (15/1) mendatang.

"Nanti ada skrining (pemeriksaan kesehatan). Tenaganya sudah kami siapkan semua, untuk skrining terakhir pada saat pelaksanaan hari H," kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana di Surabaya, Rabu.

Adapun 12 nama itu di antaranya Plt Wali Kota Surabaya, Komandan Resor Militer 084/Bhaskara Jaya, Kapolrestabes Surabaya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya.

Selain itu ada juga Kepala Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Kepala Kancab BPJS Surabaya, Deputi Direksi BPJS Kanwil Jatim, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua IDI Surabaya, Direktur RSUD dr. Moh Sowandhie, dan Ketua Tim Penggerak PKK.

Menurut Whisnu, rencananya vaksinasi ini akan digelar secara simbolis di Halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya pada Jumat (15/1) mendatang.

Untuk jumlah vaksin, lanjut dia, Pemerintah Kota Surabaya menerima 33.420 dosis vaksin. Dari angka tersebut, Whisnu mengaku diprioritaskan kepada tenaga kesehatan (nakes) dengan jumlah 33.027 nakes.

Oleh sebab itu, ia meminta tambahan sekitar 8.000 vaksin untuk tenaga lainnya seperti jajaran Polri, TNI, Linmas, Satpol PP, karyawan PT KAI Daop VIII, pegawai Pelabuhan, dan juga PDAM Surabaya.

"Delapan ribu itu kami alokasikan untuk para petugas," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan secara teknis nantinya, pelaksanaan vaksinasi di Taman Surya itu akan disiapkan empat meja. Nanti peserta vaksin akan satu per satu mendatangi setiap meja untuk prosesi skrining.

"Tapi sebelum itu memang kami sudah assessment. Kalau di hari H nanti secara umum akan dilakukan pengecekan fisik secara umum. Misalnya seperti tensi," kata Febria Rachmanita.

Baca juga: 109 fasilitas kesehatan disiapkan untuk vaksinasi COVID-19 Surabaya

Baca juga: Pemkot Surabaya diminta sosialisasi dan edukasi vaksinasi COVID-19

Baca juga: Risma berharap PMI dilibatkan program vaksinasi COVID-19 di Surabaya

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Edisi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar