Ribuan nakes dan 20 pejabat publik di Kupang terima vaksin COVID

Ribuan nakes dan 20 pejabat publik di Kupang terima vaksin COVID

Personel TNI AU Lanud El Tari Kupang mengawal ketat kedatangan tujuh koli vaksin COVID-19 Sinovac yang tiba di bandara El Tari Kupang, Kota Kupang, NTT Selasa (5/1/2021). Sebanyak 13.200 dosis vaksin COVID-19 Sinovac tahap pertama untuk NTT itu diperuntukan bagi 6.600 tenaga kesehatan di provinsi itu . ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

distribusi vaksin COVID-19 terlebih dahulu ke Kota Kupang
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Nusa Tenggara Timur melalui dinas kesehatan NTT sudah sudah mendistribusikan vaksin COVID-19 ke Kabupaten Kupang dan Kota Kupang untuk program vaksinasi kepada 20 pejabat dan 5.032 tenaga kesehatan di dua daerah itu.

"Untuk distribusi vaksin COVID-19 terlebih dahulu ke Kota Kupang dan Kabupaten Kupang dengan jumlah dosis vaksin yang didistribusi mencapai 10.560 dosis vaksin," kata Kadis Kesehatan NTT Messerassi Ataupah kepada wartawan di Kupang, Rabu.

Ia merincikan untuk kabupaten Kupang jumlah tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksin tersebut mencapai 1.558 orang. Selain itu juga diberikan kepada 10 orang pejabat publik.

Kemudian untuk Kota Kupang sendiri jumlah tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksin Sinovac itu mencapai 3.474 orang dan juga 10 pejabat publik di kota Kupang.

"Jadi total tenaga kesehatan yang akan menerima vaksin tahap pertama di dua Kabupaten/kota itu mencapai 5.032 orang dan 20 pejabat publik di dua kabupaten/kota itu," tambah dia.

Baca juga: 6.600 tenaga kesehatan di NTT akan mendapat vaksin COVID-19

Baca juga: DPRD NTT: Keberadaan vaksin bukti pemerintah tekan laju COVID-19

Ia menambahkan jumlah total 10.560 dosis vaksin itu nantinya akan disuntikkan dua kali. Yang mana masing-masing penerima akan mendapatkan dua kali dosis vaksin COVID-19.

Lebih lanjut kata dia alasan mengapa dua daerah itu menjadi daerah pertama distribusi vaksin COVID-19 karena memang fasilitas pendukung seperti lantai dingin sudah siap.

Sementara kabupaten lainnya belum mulai pendistribusian karena memang masih belum memenuhi syarat dan belum menyatakan kesiapannya.

"Oleh karena itu kami harapkan daerah-daerah itu segera menyiapkannya. Sehingga vaksin yang ada saat ini bisa segera didistribusikan," tambah dia.

Sebelumnya diberitakan pada 5 Januari 2020 lalu, sebanyak 13.200 dosis vaksin COVID-19 tiba di Kupang. Belasan ribu vaksin itu akan didistribusikan ke 22 kabupaten Kota dan akan ada 6.600 tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksin itu.

Baca juga: Wakil Wali Kota Kupang siap disuntik vaksin COVID-19

Baca juga: Gubernur NTT disebut akan beli vaksin COVID-19 sendiri

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Stok plasma konvalesen COVID-19 mulai cukupi kebutuhan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar