Dr. Aaron penerima vaksin COVID-19 pertama di Papua

Dr. Aaron penerima vaksin COVID-19 pertama di Papua

Dr. Aaron Rumainum saat menyuntikkan vaksi COVID-19 ke lengannya sendiri, Rabu (13/1/2021) di Jayapura. ANTARA/HO/pihak ketiga.

Jayapura (ANTARA) - Dr Aaron Rumainum, Rabu (13/1) menjadi penerima vaksin COVID-19 pertama di Papua setelah menyuntikkan sendiri vaksin tersebut di lengannya.
 
Penyuntikan vaksin dilakukan dirinya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa vaksin tersebut aman, kata Aaron kepada Antara di Jayapura, Rabu.
 
Diakui, saat menyuntik dan menerima vaksin lengannya sempat merasa agak nyeri dan kepala berasa lain dan itu bukan pusing.
 
Namun, setelah 30 menit kondisi tubuhnya stabil hingga beraktivitas seperti biasa, kata dr. Aaron yang menjabat sebagai Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Papua.

Baca juga: 14 relawan di Papua siap terima vaksin COVID-19

Baca juga: Kadis Pendidikan Papua jadi relawan penerima vaksin tahap pertama

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono ( 55 th) yang menjadi salah satu relawan penerima vaksin COVID-19 menyatakan tidak ada kriteria khusus yang terpenting memenuhi kriteria sebagai penerima vaksin yakni berusia 18-59 tahun, belum pernah terjangkit COVID-19 dan tidak memiliki penyakit penyerta sesuai kriteria yang ditentukan.
 
"Tidak ada kesiapan khusus yang terpenting tetap menjalankan protokol kesehatan terkait COVID-19 dan berolah raga," kata Mayjen TNI Yogo.
 
Hal serupa juga dikatakan Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru (58 th) yang akan menjadi penerima vaksin tertua di Papua seraya menyatakan keikutsertaannya selain supaya menjadi contoh bagi masyarakat juga MUI sudah mengeluarkan fatwa tentang kehalalannya dan BPOM sudah menyetujuinya.
 
Vaksin itu akan memberikan kekebalan bagi tubuh si penerima khususnya terhadap COVID-19 sedangkan terkait dampak, Rustan Saru mengatakan, vaksin yang diberikan kepada bayi saat imunisasi juga berdampak, misalnya deman atau lainnya dan itu biasa.
 
"Mudah-mudahan masyarakat mau menerima vaksin tersebut dan bila sudah disuntikkan tidak mengalami alergi atau dampak lainnya yang mengkhawatirkan," kata Rustan Saru yang menyatakan siap menerima vaksin COVID-19.
 
Sebanyak 13 penerima vaksin COVID-19 lainnya di Papua, yaitu Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyanto, Kombes Jeremias Rontini, Rustan Saru, Christian Sohilait, dr. Donald Arronggear, dr. Juliwati, Elianus Tabuni, Ruddy Yanny Karundeng, Pdt Sumiran, dr. Stevanus Andi Pranata, Albert Maniani, Christian Dolfie Warouw dan Ferdinand Markus Okoseray.
 
Pencanangan vaksin COVID-19 dijadwalkan Jumat (15/1) di Jayapura dan Papua menerima 14.680 vaksin Sinovac yang saat ini disimpan di lemari pendingin yang ada di lingkungan RSUD Dok II Jayapura.*

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

3 kabupaten di Papua temui kendala vaksinasi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar